PERBAIKAN TATA LETAK PRODUK DENGAN MBA DAN OCVR UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN (Studi Kasus di Minimarket Rajamart, Kota Yogyakarta)

FITRIANA, NIDIA AYU (2023) PERBAIKAN TATA LETAK PRODUK DENGAN MBA DAN OCVR UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN (Studi Kasus di Minimarket Rajamart, Kota Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of NIDIA AYU FITRIANA_122190121_ABSTRAK.pdf] Text
NIDIA AYU FITRIANA_122190121_ABSTRAK.pdf

Download (10kB)
[thumbnail of NIDIA AYU FITRIANA_122190121_COVER.pdf] Text
NIDIA AYU FITRIANA_122190121_COVER.pdf

Download (76kB)
[thumbnail of NIDIA AYU FITRIANA_122190121_DAFTAR ISI.pdf] Text
NIDIA AYU FITRIANA_122190121_DAFTAR ISI.pdf

Download (54kB)
[thumbnail of NIDIA AYU FITRIANA_122190121_DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
NIDIA AYU FITRIANA_122190121_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (54kB)
[thumbnail of NIDIA AYU FITRIANA_122190121_LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
NIDIA AYU FITRIANA_122190121_LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (463kB)
[thumbnail of NIDIA AYU FITRIANA_122190121_FULL SKRIPSI.pdf] Text
NIDIA AYU FITRIANA_122190121_FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Sistem pengolahan data transaksi belanja konsumen yang ada pada
minimarket Rajamart belum memanfaatkan data transaksi dan dalam melakukan
pengaturan tata letak produk beberapa produk tidak ditempatkan sesuai dengan
kategori produk sehingga dapat berpengaruh terhadap pencarian produk oleh
konsumen yang membutuhkan waktu lebih lama dalam pencarian barang.
Berdirinya toko kelontong berpengaruh pada tingkat kedatangan konsumen yang
ada di minimarket, Produk yang dijual toko kelontong ditata sesuai dengan kategori
produk yang ada sehingga terlihat variatif dan memudahkan konsumen dalam
mencari produk yang hendak dicari.
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan usulan perbaikan tata letak
produk di minimarket Rajamart berdasarkan hasil Market Basket Analysis (MBA)
menggunakan Algoritma Apriori. Penelitian ini dilakukan dengan menemukan
aturan asosiasi antar setiap produk dalam kumpulan data transaksi selama 3 bulan
menggunakan software Rapidminer. Hasil yang didapat dianalisis kembali
menggunakan Overall Variability of Association Rule (OCVR) sehingga
menghasilkan rules yang tidak rentan terhadap perubahan di tiap periodenya.
Hasil analisis menunjukkan bahwa usulan tata letak produk berupa
perpindahan kategori produk minuman menjadi satu lokasi. Perpindahan tata letak
produk wafer mendekati produk makanan ringan kecil, dan perpindahan tata letak
produk biskuit mendekati produk wafer.
Kata Kunci: Market Basket Analysis, Algoritma Apriori, Overall Variability of Association Rule, Tata Letak Produk

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Market Basket Analysis, Algoritma Apriori, Overall Variability of Association Rule, Tata Letak Produk
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: A.Md Apriliani Kusuma Wardhani
Date Deposited: 18 Aug 2023 04:25
Last Modified: 18 Aug 2023 04:25
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/36974

Actions (login required)

View Item View Item