Baja, M.Rizki Fajar Putra (2023) KEBIJAKAN DAN KOMUNIKASI STRATEJIK DISKOMINFO DALAM MENANGANI BERITA HOAX COVID-19 DI MEDIA SOSIAL (STUDI KASUS DISKOMINFO KOTA LUBUKLINGGAU). Masters thesis, UPN "Veteran" Yogyajarta.
Text
Abstrak.pdf Download (188kB) |
|
Text
Cover.pdf Download (301kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (331kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (431kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (294kB) |
|
Text
TESIS BAB 1-5_M.RIZKI FAJAR PB (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
iii
ABSTRAK
Di tengah pandemi Covid-19, media sosial menjadi sumber informasi penting
bagi masyarakat dalam memantau perkembangan kasus, tata cara pencegahan dan
penanganan Covid-19. Kehadiran media soisal ditengah pandemi begitu penting, dari
sekian banyak penggunaan media sosial dalam memperoleh informasi tentang Covid-
19 tentu tidak semua akurat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebijakan dan
komunikasi startejik Dinas Kominfo Lubuklinggau dalam menangani berita Hoax
Covid-19 di media sosial serta hal yang menjadi faktor penyebabnya. Tujuan
penelitian ini Untuk menganalisis kebijakan dan komunikasi startejik Diskominfo
Kota Lubuklinggau dalam menangani Hoax Covid-19 yang ada di Media Sosial.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan
studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Dinas Kominfo Lubuklinggau
mempunyai tanggung jawab untuk memberikan kebijakan untuk menindaklanjuti
berita-berita hoax yang memang telah tersebar pada media sosial. Kebijakan yang
diterapkan oleh Dinas Kominfo Lubklinggau sudah berjalan dengan baik dengan
melakukan beberapa metode penanggulangannya. Seperti halnya 1) Melakukan
pengecekan dan filtrasi, 2) terus memberikan Informasi yang valid seputar Covid-19
di Media Sosial, kemudian 3) melakukan pemblokiran. Dinas Kominfo Kota
Lubuklinggau juga dalam merumuskan strategi dalam menangkal berita hoax melalui
program berkala. Program berkala mengidentifikasi berbagai faktor secara sistematis
untuk merumuskan strategi organisasi. Strategi Dinas Kominfo merupakan kegiatan
perencanaan yang dimana dalam merencanakan kegiatan Dinas Kominfo melakukan
diskusi dengan menawarkan dalam kegiatan tersebut seperti 1) menggunakan
teknologi digital yang berbentuk layanan yaitu Silampari Smart City, 2)Melakukan
Sosialisasi, Menyediakan Layanan Aduan yaitu Sipokat, kemudian 4) Membentuk
Kampung Literasi Digital dan dalam berbagai macam kegiatan lainnya.
Kata Kunci : Kebijakan, Komunikasi Stratejik, Diskominfo, Hoax Covid-19,
Media Sosial
iv
ABSTRACT
In the midst of the Covid-19 pandemic, social media has become an important
source of information for the public in monitoring case developments, procedures for
preventing and handling Covid-19. The presence of social media in the midst of a
pandemic is so important, of course not all of the many uses of social media in
obtaining information about Covid-19 are accurate. This study aims to determine the
policy and strategic communication of the Lubuklinggau Communication and
Informatics Office in dealing with Hoax Covid-19 news on social media and the
factors that cause it. The purpose of this study is to analyze the policy and strategic
communication of the Lubuklinggau City Diskominfo in dealing with the Covid-19
Hoax on Social Media. The research method used is descriptive qualitative with a
case study approach. The results of this study indicate that the Lubuklinggau
Kominfo Service has the responsibility to provide policies to follow up on hoax news
that has spread on social media. The policies implemented by the Lubklinggau
Communication and Informatics Service have been going well by carrying out several
methods of overcoming them. Like 1) Checking and filtering, 2) continuing to
provide valid information about Covid-19 on Social Media, then 3) blocking. The
Lubuklinggau City Communication and Information Service is also formulating a
strategy to counteract hoax news through periodic programs. Periodic programs
identify various factors in a systematic way to formulate organizational strategy. The
Kominfo Service Strategy is a planning activity in which in planning the activities the
Communication and Informatics Service conducts discussions by offering in these
activities such as 1) using digital technology in the form of services, namely
Silampari Smart City, 2) Conducting Socialization, Providing Complaint Services,
namely Sipokat, then 4) Forming Villages Digital Literacy and in various other
activities.
Keywords : Policy, Strategic Communication, Diskominfo, Hoax Covid-19,
Social Media
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Policy, Strategic Communication, Diskominfo, Hoax Covid-19, Social Media |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 07 Aug 2023 02:41 |
Last Modified: | 07 Aug 2023 02:41 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/36813 |
Actions (login required)
View Item |