Yuliastari, Karmita (2023) MODEL MANAJEMEN KOMUNIKASI PERUSAHAAN MEDIA DARING HISTORIA. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
Text
1. FULL THESIS KARMITA YULIASTARI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
2. ABSTRAK (2).pdf Download (112kB) |
|
Text
3. COVER THESIS.pdf Download (75kB) |
|
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (79kB) |
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (224kB) |
|
Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (185kB) |
Abstract
Digitalisasi dan konvergensi telah membawa pengaruh pada perubahan lanskap
industri media dari konvensional ke dalam media berbasis digital. Karakteristik
media daring yang lebih variatif dalam penyajian informasi turut mengambil peran
dalam menjamurnya pertumbuhan majalah daring di Indonesia. Historia hadir
sebagai majalah yang secara khusus mendalami kajian dan informasi terkait
peristiwa dan dinamika kehidupan manusia dimasa lampau, serta menjadi majalah
sejarah populer pertama yang ada di Indonesia. Pada praktiknya, produksi informasi
sejarah berbeda dengan produksi informasi berita. Keterbatasan sumber dan arsip
seperti gambar dan video, relevansi informasi dengan isu aktual, dan minat akan
pengetahuan sejarah yang masih rendah menjadi tantangan dalam pengelolaan
media Historia. Pada penelitian ini mengkaji terkait manajemen komunikasi
perusahan media daring Historia sebagai upaya untuk mendeskripsikan model
komunikasi yang digunakan oleh Historia dalam proses menyajikan informasi
sejarah populer. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif
dengan pendekatan interpretatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi
pada Historia merupakan sebuah interaksi. Komunikasi terjadi secara transaksional
dan dilakukan secara kooperatif, dimana antara pengirim dan penerima sama-sama
bertanggung jawab terhadap dampak dan efektivitas komunikasi yang terjadi. Pada
ruang keredaksian aktivitas komunikasi menjadi bagian penting dalam proses
pengolaan ide, pendalaman, pemilihan sumber, riset, dan penentuan akhir tema,
hingga menjadi sebuah konten artikel sejarah. Model manajemen komunikasi yang
dimiliki oleh Historia pada dasarnya berangkat dari model komunikasi Melvin L.
DeFleur yang terdiri dari sumber, encoder, channel, decoder, sasaran, gangguan,
perangkat media massa dan umpan balik. Pada model komunikasi Historia terdapat
tambahan aspek evaluasi, sebagai bagian yang berpengaruh terhadap proses
perencanaan pesan dan ketercapaiaan tujuan organisasi.
Kata Kunci: Media daring, Digitalisasi Sejarah, , Majalah Sejarah, Sejarah
Populer
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media daring, Digitalisasi Sejarah, , Majalah Sejarah, Sejarah Populer |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | A.Md Sepfriend Ayu Kelana Giri |
Date Deposited: | 03 Aug 2023 01:46 |
Last Modified: | 03 Aug 2023 01:46 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/36728 |
Actions (login required)
View Item |