PENGARUH MEMORABLE TOURIST EXPERIENCE TERHADAP AFFECTIVE COMMITMENT SERTA DAMPAKNYA PADA E-WOM DAN REVISIT INTENTION (Studi pada wisatawan yang sudah pernah berkunjung ke Pantai Logending Kebumen)

AKBAR, ILHAM RIZQI (2023) PENGARUH MEMORABLE TOURIST EXPERIENCE TERHADAP AFFECTIVE COMMITMENT SERTA DAMPAKNYA PADA E-WOM DAN REVISIT INTENTION (Studi pada wisatawan yang sudah pernah berkunjung ke Pantai Logending Kebumen). Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of FULLTEXT SKRIPSI_ILHAM RIZQI AKBAR_152190032.pdf] Text
FULLTEXT SKRIPSI_ILHAM RIZQI AKBAR_152190032.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of PENGESAHAN SKRIPSI_ILHAM RIZQI AKBAR_152190032.pdf] Text
PENGESAHAN SKRIPSI_ILHAM RIZQI AKBAR_152190032.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI_ILHAM RIZQI AKBAR_152190032.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI_ILHAM RIZQI AKBAR_152190032.pdf

Download (118kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI SKRIPSI_ILHAM RIZQI AKBAR_152190032.pdf] Text
DAFTAR ISI SKRIPSI_ILHAM RIZQI AKBAR_152190032.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of COVER SKRIPSI_ILHAM RIZQI AKBAR_152190032.pdf] Text
COVER SKRIPSI_ILHAM RIZQI AKBAR_152190032.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of ABSTRAK SKRIPSI_ILHAM RIZQI AKBAR_152190032.pdf] Text
ABSTRAK SKRIPSI_ILHAM RIZQI AKBAR_152190032.pdf

Download (101kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Memorable Tourist
Experience Terhadap Affective Commitment Serta Dampaknya Pada E-WOM dan
Revisit Intention (Studi pada wisatawan yang telah berkunjung ke Pantai Logending
Kebumen). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wisatawan yang sudah
melakukan kunjungan minimal satu kali pada Objek Wisata Pantai Logending yang
jumlahnya tidak terhingga. Penelitian ini menggunakan tipe explanatory dengan
menggunakan metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah wisatawan
yang sudah melakukan kunjungan minimal satu kali pada Objek Wisata Pantai
Logending. Ukuran sampel dengan 138 responden didapatkan dari perhitungan
rumus Machin dan Cambell. Teknik sampling yang digunakan adalah
nonprobability sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik
deskriptif dengan tabel dan persentasi, serta analisis statistik inferensial
menggunakan SEM AMOS dan Uji Sobel.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel memorable tourist
experience berpengaruh signifikan terhadap affective commitment, affective
commitment berpengaruh signifikan terhadap e-WOM, affective commitment
berpengaruh signifikan terhadap revisit intention, memorable tourist experience
berpengaruh signifikan terhadap revisit intention, dan memorable tourist
experience berpengaruh signifikan terhadap revisit intention melalui affective
commitment.
Berdasarkan hasil penelitian, Objek Wisata Pantai Logending harus mampu
meningkatkan kualitas produk wisata yang memenuhi kebutuhan wisatawan agar
membuat wisatawan dapat memiliki rasa komitmen terhadap destinasi dan mampu
menciptakan pengalaman yang berkesan dan tidak terlupakan bagi wisatawan,
sehingga wisatawan bisa membagikan informasi positif di internet dan memiliki
keinginan untuk mengunjungi kembali Objek Wisata Pantai Logending di masa
depan.
Kata Kunci: Memorable Tourist Experience, Affective Commitment, E-WOM,
Revisit Intention

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Memorable Tourist Experience, Affective Commitment, E-WOM, Revisit Intention
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 28 Jul 2023 08:42
Last Modified: 28 Jul 2023 08:42
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/36633

Actions (login required)

View Item View Item