PENGARUH KONTEN REVIEW PADA AKUN TIKTOK NATASHA SURYA TERHADAP MINAT BELI VACUUM CLEANER TINECO PADA FOLLOWERS

Dhiartami, Anisa Ghazy (2023) PENGARUH KONTEN REVIEW PADA AKUN TIKTOK NATASHA SURYA TERHADAP MINAT BELI VACUUM CLEANER TINECO PADA FOLLOWERS. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyajarta.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (600kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (105kB)
[thumbnail of SKRIPSI_ANISA GHAZY DHIARTAMI_153190120.pdf] Text
SKRIPSI_ANISA GHAZY DHIARTAMI_153190120.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Perkembangan teknologi yang semakin masif dimanfaatkan para pemasar
sebagai media untuk mempromosikan produknya. Terdapat berbagai pemanfaatan
aplikasi Tiktok salah satunya adalah konten review. Konten review dapat menjadi
strategi untuk menarik calon konsumen dan memunculkan minat pembelian.
Penelitian ini berfokus pada salah satu creator Tiktok Natasha Surya yang membuat
konten review tentang vacuum cleaner Tineco. Natasha Surya dipilih karena
eksistensinya dalam dunia Tiktok dibuktikan dengan penobatan Top Creator pada
kategori Home & Living pada Tiktok Shop Summit 2022 Awards. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh konten review vacuum cleaner Tineco pada
akun Tiktok Natasha Surya terhadap minat beli followers. Teori yang digunakan
dalam penelitian ini adalah Teori Elaboration Likelihood Model (ELM) dengan
pendekatan kuantitatif dan metode survei. Sampel yang digunakan pada penelitian ini
berjumlah 100 responden yang merupakan followers akun Tiktok Natasha Surya yang
telah menonton konten review vacuum cleaner Tineco. Pengambilan sampel pada
penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Setelah dilakukan uji statistik
dengan bantuan aplikasi SPSS 26.00, hasil menunjukkan bahwa konten review
vacuum cleaner Tineco pada akun Tiktok Natasha Surya memiliki pengaruh dan
hubungan yang signifikan terhadap minat beli followers. Hal tersebut berdasarkan
hasil nilai R2 yang diperoleh sebesar 48,6 atau 48.6% .Pada perhitungan korelasi
product moment diperoleh nilai 0,697 yang masuk ke dalam kategori kuat. Selain itu
angka signifikansi menunjukkan nilai 0.00 dimana 0,000 < 0,05. Sehingga terdapat
pengaruh konten review vacuum cleaner pada akun Tiktok Natasha Surya terhadap
minat beli followers.
Kata Kunci : Tiktok, konten review, Natasha Surya, Minat Beli, vacuum cleaner
ABSTRACT
Increasingly massive technological developments aused by marketers as a
medium to promote their products. There are various uses for the Tiktok application
like review that can be a strategy to attract potential customers and generate
purchase interest. This research focused on one of Tiktok creators called Natasha
Surya, who creates review content about Tineco's vacuum cleaners. Natasha Surya
was chosen because of her existence in the Tiktok’s world as evidenced by the title of
Top Creator in the Home & Living category at Tiktok Shop Summit 2022 Awards.
This study aims to determine the effect of Tineco vacuum cleaner review content on
the Tiktok Natasha Surya account on followers' buying interest. The study used
Elaboration Likelihood Model (ELM) theory with a quantitative approach and survey
method. The sample was 100 respondents who are followers of the Natasha Surya
Tiktok account. This study using purposive sampling technique. After statistical tests
with SPSS 26.00 application, the results showed that the Tineco vacuum cleaner
review content on Natasha Surya Tiktok account had a significant influence and
relationship to followers' buying interest. This is based on the results of the R2 value
obtained at 48.0 or 48%. In the product moment correlation calculation, a value of
0.697 is obtained which is included in the strong category. In addition, the
significance number shows a value of 0.00 where 0.000 <0.05. So that there is an
influence on the vacuum cleaner review content on the Tiktok Natasha Surya account
on the interest in buying followers.
Keywords: Tiktok, review content, Natasha Surya, Purchase Intention, vacuum
cleaner

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Tiktok, review content, Natasha Surya, Purchase Intention, vacuum cleaner
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 24 Jul 2023 05:03
Last Modified: 24 Jul 2023 05:03
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/36522

Actions (login required)

View Item View Item