BRAND EQUITY PADA LABORÉ SENSITIVE SKIN EXPERT MELALUI STRATEGI KEY OPINION LEADERS MARKETING

Rizki, Whira Purnama (2023) BRAND EQUITY PADA LABORÉ SENSITIVE SKIN EXPERT MELALUI STRATEGI KEY OPINION LEADERS MARKETING. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 1. Skripsi Full_153190142_Whira Purnama Rizki.pdf] Text
1. Skripsi Full_153190142_Whira Purnama Rizki.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 2. Abstrak_153190142_Whira Purnama Rizki.pdf] Text
2. Abstrak_153190142_Whira Purnama Rizki.pdf

Download (13kB)
[thumbnail of 3. Cover_153190142_Whira Purnama Rizki.pdf] Text
3. Cover_153190142_Whira Purnama Rizki.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan_153190142_Whira Purnama Rizki.pdf] Text
4. Lembar Pengesahan_153190142_Whira Purnama Rizki.pdf

Download (221kB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi_153190142_Whira Purnama Rizki.pdf] Text
5. Daftar Isi_153190142_Whira Purnama Rizki.pdf

Download (27kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_153190142_Whira Purnama Rizki.pdf] Text
6. Daftar Pustaka_153190142_Whira Purnama Rizki.pdf

Download (82kB)

Abstract

LABORÉ Sensitive Skin Expert merupakan brand yang diluncurkan pada tahun
2021 dengan segmentasi perempuan Indonesia yang memiliki permasalahan kulit
sensitif. Dalam komunikasi pemasaran di era digitalisasi ini, Key Opinion Leaders
(KOL) menjadi salah satu strategi pemasaran. Fenomena tersebut mendorong
penelitian ini untuk mengkaji peran Key Opinion Leaders (KOL) dalam
membentuk brand equity. Brand equtiy merupakan seperangkat aset suatu merek
yang dapat menambah atau mengurangi nilai merek tersebut. Penelitian ini
menggunakan teori masyarakat tontonan dari Guy Debord. Adapun penelitian ini
merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan metode wawancara,
observasi, dan analisis dokumen. Penelitian ini menemukan hasil bahwa KOL
marketing memiliki peran dalam pembentukan setiap dimensi brand equity
LABORÉ Sensitive Skin Expert, yakni loyalitas merek, kesadaran merek, persepsi
kualitas, asosiasi merek, dan aset merek lainnya. Dimensi yang paling kuat adalah
loyalitas merek dan kesadaran merek, sedangkan dimensi yang perlu ditingkatkan
lagi adalah persepsi kualitas. Strategi Key Opinion Leaders (KOL) LABORÉ
Sensitive Skin Expert terdiri dari perencanaan, penentuan segmentasi KOL
bersama agency, pembuatan brief kerjasama, proses approaching, berjalannya
kerjasama, dan evaluasi. Sebagai salah satu strategi dalam komunikasi pemasaran,
KOL berkaitan erat dengan masyarakat tontonan yakni ditandai dengan keadaan
dimana masyarakat saat ini ingin menjadi tontonan oleh masyarakat lainnya.
LABORÉ Sensitive Skin Expert memanfaatkan KOL untuk membangun brand
equity pada masyarakat melalui kemampuan dan appearance yang dimiliki oleh
KOL. Konten promosi yang dibuat oleh KOL merupakan tontonan bagi pengikut
media sosial KOLnya. Hal ini menunjukkan apa yang disampaikan oleh KOL
merupakan bentuk dari tontonan sebagai komoditas (commodity of spectacle) dan
efektif dalam membentuk brand equity.
Kata Kunci: Brand Equity, Key Opinion Leaders, Masyarakat Tontonan,
LABORÉ Sensitive Skin Expert

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Brand Equity, Key Opinion Leaders, Masyarakat Tontonan, LABORÉ Sensitive Skin Expert.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: A.Md Sepfriend Ayu Kelana Giri
Date Deposited: 24 Jul 2023 04:50
Last Modified: 24 Jul 2023 04:50
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/36521

Actions (login required)

View Item View Item