Rizki, Whira Purnama (2023) BRAND EQUITY PADA LABORÉ SENSITIVE SKIN EXPERT MELALUI STRATEGI KEY OPINION LEADERS MARKETING. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
| 
              
Text
 1. Skripsi Full_153190142_Whira Purnama Rizki.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB)  | 
          |
| 
              
Text
 2. Abstrak_153190142_Whira Purnama Rizki.pdf Download (13kB)  | 
          |
| 
              
Text
 3. Cover_153190142_Whira Purnama Rizki.pdf Download (124kB)  | 
          |
| 
              
Text
 4. Lembar Pengesahan_153190142_Whira Purnama Rizki.pdf Download (221kB)  | 
          |
| 
              
Text
 5. Daftar Isi_153190142_Whira Purnama Rizki.pdf Download (27kB)  | 
          |
| 
              
Text
 6. Daftar Pustaka_153190142_Whira Purnama Rizki.pdf Download (82kB)  | 
          
Abstract
LABORÉ Sensitive Skin Expert merupakan brand yang diluncurkan pada tahun 
2021 dengan segmentasi perempuan Indonesia yang memiliki permasalahan kulit 
sensitif. Dalam komunikasi pemasaran di era digitalisasi ini, Key Opinion Leaders 
(KOL) menjadi salah satu strategi pemasaran. Fenomena tersebut mendorong 
penelitian ini untuk mengkaji peran Key Opinion Leaders (KOL) dalam 
membentuk brand equity. Brand equtiy merupakan seperangkat aset suatu merek
yang dapat menambah atau mengurangi nilai merek tersebut. Penelitian ini
menggunakan teori masyarakat tontonan dari Guy Debord. Adapun penelitian ini 
merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan metode wawancara, 
observasi, dan analisis dokumen. Penelitian ini menemukan hasil bahwa KOL
marketing memiliki peran dalam pembentukan setiap dimensi brand equity
LABORÉ Sensitive Skin Expert, yakni loyalitas merek, kesadaran merek, persepsi 
kualitas, asosiasi merek, dan aset merek lainnya. Dimensi yang paling kuat adalah 
loyalitas merek dan kesadaran merek, sedangkan dimensi yang perlu ditingkatkan 
lagi adalah persepsi kualitas. Strategi Key Opinion Leaders (KOL) LABORÉ
Sensitive Skin Expert terdiri dari perencanaan, penentuan segmentasi KOL 
bersama agency, pembuatan brief kerjasama, proses approaching, berjalannya 
kerjasama, dan evaluasi. Sebagai salah satu strategi dalam komunikasi pemasaran, 
KOL berkaitan erat dengan masyarakat tontonan yakni ditandai dengan keadaan 
dimana masyarakat saat ini ingin menjadi tontonan oleh masyarakat lainnya. 
LABORÉ Sensitive Skin Expert memanfaatkan KOL untuk membangun brand 
equity pada masyarakat melalui kemampuan dan appearance yang dimiliki oleh 
KOL. Konten promosi yang dibuat oleh KOL merupakan tontonan bagi pengikut 
media sosial KOLnya. Hal ini menunjukkan apa yang disampaikan oleh KOL
merupakan bentuk dari tontonan sebagai komoditas (commodity of spectacle) dan 
efektif dalam membentuk brand equity.
Kata Kunci: Brand Equity, Key Opinion Leaders, Masyarakat Tontonan, 
LABORÉ Sensitive Skin Expert
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Brand Equity, Key Opinion Leaders, Masyarakat Tontonan, LABORÉ Sensitive Skin Expert. | 
| Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) | 
| Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences | 
| Depositing User: | A.Md Sepfriend Ayu Kelana Giri | 
| Date Deposited: | 24 Jul 2023 04:50 | 
| Last Modified: | 24 Jul 2023 04:50 | 
| URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/36521 | 
Actions (login required)
![]()  | 
        View Item | 
