MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI SARANA INFORMASI PARIWISATA PADA MASA PEMULIHAN PANDEMI COVID -19 (Analisis Isi Instagram Feed @visitingjogja Dinas Pariwisata DIY Periode 13 September 2021 – 31 Maret 2022)

Maghfiroh, Rahmanningrum Niananda (2023) MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI SARANA INFORMASI PARIWISATA PADA MASA PEMULIHAN PANDEMI COVID -19 (Analisis Isi Instagram Feed @visitingjogja Dinas Pariwisata DIY Periode 13 September 2021 – 31 Maret 2022). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK_Rahmanningrum Niananda Maghfiroh_153170079.pdf] Text
ABSTRAK_Rahmanningrum Niananda Maghfiroh_153170079.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of COVER_Rahmanningrum Niananda Maghfiroh_153170079.pdf] Text
COVER_Rahmanningrum Niananda Maghfiroh_153170079.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI_Rahmanningrum Niananda Maghfiroh_153170079.pdf] Text
DAFTAR ISI_Rahmanningrum Niananda Maghfiroh_153170079.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_Rahmanningrum Niananda Maghfiroh_153170079.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_Rahmanningrum Niananda Maghfiroh_153170079.pdf

Download (47kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN_Rahmanningrum Niananda Maghfiroh_153170079.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN_Rahmanningrum Niananda Maghfiroh_153170079.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of NASKAH SKRIPSI FULL_Rahmanningrum Niananda Maghfiroh_153170079.pdf] Text
NASKAH SKRIPSI FULL_Rahmanningrum Niananda Maghfiroh_153170079.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)

Abstract

Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta kembali membuka sektor
pariwisata setelah jumlah kasus positif COVID-19 terkendali. Dinas Pariwisata
DIY melalui akun Instagramnya, @visitingjogja mulai rutin mengunggah konten
terkait pariwisata di DIY. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui isi Instagram
feed @visitingjogja sebagai sarana informasi pariwisata pada masa pemulihan
pandemi COVID-19. Peneliti menggunakan Teori Logika Penyusunan Pesan untuk
menganalisis data penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan
metode analisis isi deskriptif. Unit analisis yang digunakan, yaitu bentuk unggahan,
jenis informasi, objek dan daya tarik pariwisata, edukasi pandemi COVID-19,
visual yang ditonjolkan, lokasi, jenis caption, fitur pendukung Instagram yang
digunakan, dan sumber konten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas
unggahan Instagram @visitingjogja merupakan informasi pariwisata produksi
Dinas Pariwisata DIY tentang pariwisata minat khusus di Provinsi DIY, terutama
Kota Yogyakarta. Unggahan ditampilkan dalam bentuk video dengan
memanfaatkan 3 – 5 fitur pendukung Instagram dan penulisan caption yang
informatif. Instagram @visitingjogja kerap menggabungkan dua elemen visual
dalam satu unggahan dan menyisipkan edukasi terkait protokol kesehatan. Akan
tetapi, informasi pariwisata dalam Instagram @visitingjogja masih kurang variatif
dan belum responsif dalam menjawab pertanyaan para pengikut.
Kata kunci: Analisis isi, Instagram @visitingjogja, sarana informasi

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Analisis isi, Instagram @visitingjogja, sarana informas
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: A.Md Sepfriend Ayu Kelana Giri
Date Deposited: 03 Jul 2023 07:41
Last Modified: 03 Jul 2023 07:41
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/36267

Actions (login required)

View Item View Item