Kusumajati, Bella Santika Wahyu (2023) PENGARUH KONSUMSI KONTEN MEDIA TIKTOK BELLA CLARISSA TERHADAP PERILAKU IMITASI GAYA BERPAKAIAN. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyajarta.
Text
Abstrak_BellaSantika_153160159.pdf Download (9kB) |
|
Text
Cover_BellaSantika_153160159.pdf Download (114kB) |
|
Text
Daftar Isi_BellaSantika_153160159.pdf Download (375kB) |
|
Text
Skripsi_BellaSantika_153160159.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
DaftarPustaka_BellaSantika_153160159.pdf Download (231kB) |
|
Text
HalamanPengesahan_BellaSantika_153160159.pdf Download (519kB) |
Abstract
viii
ABSTRAK
Penampilan merupakan sesuatu yang melekat dalam kehidupan sehari-hari sebagai
bentuk komunikasi non verbal yang merujuk pada identitas dan citra diri. Salah satu
penunjang sebuah penampilan adalah fashion, yang mana saat ini sedang
berkembang pesat di Indonesia sejalan dengan peminatnya yang besar. TikTok
menjadi salah satu media sosial yang berperan mulai dari meningkatkan
ketertarikan khalayak terhadap fashion hingga sebagai media mencari inspirasi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari konsumsi konten
media TikTok Bella Clarissa terhadap perilaku imitasi gaya berpakaian. Teori yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu social media uses and gratifications dan teori
pembelajaran sosial serta konsep media consumption maupun perilaku imitasi.
Metode penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif
deskriptif. Sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden yang ditentukan
dengan teknik purposive sampling dengan kriteria perempuan dan merupakan
followers akun TikTok @bellaclrs_. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh yang signifikan dari konsumsi media (X) terhadap perilaku imitasi (Y)
pada followers TikTok Bella Clarissa dengan nilai Sig. 0,00 < probabibiltas 0,05
dan tingkat hubungan yang kuat dan bersifat searah dengan nilai koefisien korelasi
sebesar 0,756. Besar pengaruh content marketing sebesar 57,2% dan sisanya
sebesar 42,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Konsumsi Media, Perilaku Imitasi, Media Sosial, TikTok
ix
ABSTRACT
Appearance is something inherent in everyday life as a form of non-verbal
communication that refers to identity and self-image. One of the supports for an
appearance is fashion, which is currently growing rapidly in Indonesia in line with
a large number of devotees. TikTok is one of the social media that plays a role, from
increasing public interest in fashion to serving as a medium for inspiration. The
purpose of this study was to determine the effect of consuming Bella Clarissa's
TikTok media content on the behavior of imitating dress styles. The theory used in
this study is social media uses and gratifications and social learning theory as well
as the concept of media consumption and imitation behavior. This research method
is a survey method with a descriptive quantitative approach. The sample in this
study was 100 respondents who were determined by a purposive sampling
technique with the criteria of being female and followers of the TikTok account
@bellaclrs¬_. The results showed that there was a significant effect of media
consumption (X) on imitation behavior (Y) on Bella Clarissa's TikTok followers
with a Sig value. 0.00 <probability of 0.05 and the level of relationship is strong
and unidirectional with a correlation coefficient of 0.756. The influence of content
marketing is 57.2% and the remaining 42.8% is influenced by other factors not
examined in this study.
Keywords: Media Consumption, Imitation Behavior, Social Media, TikTok
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Consumption, Imitation Behavior, Social Media, TikTok |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 26 Jun 2023 01:47 |
Last Modified: | 26 Jun 2023 01:47 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/36181 |
Actions (login required)
View Item |