RANCANGAN PENAMBANGAN ANDESIT BERDASARKAN PIT OPTIMASI DI PT. KULON PROGO BUMI SEJAHTERA, KECAMATAN BAGELEN, KABUPATEN PURWOREJO, JAWA TENGAH

PRASETYO, WAHYU (2023) RANCANGAN PENAMBANGAN ANDESIT BERDASARKAN PIT OPTIMASI DI PT. KULON PROGO BUMI SEJAHTERA, KECAMATAN BAGELEN, KABUPATEN PURWOREJO, JAWA TENGAH. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyajarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (105kB)
[thumbnail of COVER SKRIPSI.pdf] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of Skripsi Lengkap Gayuh Laksono Wiguna.pdf] Text
Skripsi Lengkap Gayuh Laksono Wiguna.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

v
RINGKASAN
PT. Kulon Progo Bumi Sejahtera merupakan perusahaan yang bergerak di
bidang konstruksi dan penambangan andesit yang memiliki Wilayah Izin Usaha
Pertambangan (WIUP) yang terletak di Desa Krendetan, Kecamatan Bagelen,
Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah. PT. KPBS membutuhkan rancangan
teknis penambangan dengan target produksi 185.000 BCM andesit/tahunnya. Titik
awal dan arah penambangan diperlukan untuk mencapai operasi penambangan yang
efektif dan efisien. Solusi untuk penentuan titik awal dan arah kemajuan
penambangan adalah melakukan optimalisasi tambang terbuka dengan
menggunakan perangkat lunak Micromine 2021.5 berdasarakan metode Lerch
Grossman. Hasil optimalisasi tambang terbuka menjadi dasar pembuatan rancangan
kemajuan penambangan yang memenuhi target produksi sebesar 185.000
BCM/tahun.
Penelitian ini bertujuan untuk membuat suatu rancangan teknis penambangan
batu andesit selama lima tahun yang meliputi rancangan kemajuan penambangan,
rancangan jalan angkut, dan rancangan area timbunan baik timbunan andesit lapuk
maupun timbunan tanah pucuk.
Metode penambangan yang digunakan oleh PT. KPBS adalah Kuari.
Penambangan dimulai dari elevasi 92 mdpl hingga elevasi 40 mdpl dengan
rancangan geometri jenjang meliputi tinggi jenjang tunggal 10 m, sudut lereng
tunggal 81º. Rekomendasi titik awal penambangan berdasarkan optimalisasi
tambang terbuka terletak pada pit shell ke-13 dengan rekomendasi arah kemajuan
penambangan ke arah selatan dan tenggara mengikuti urutan pit shell yang
terbentuk. Jalan tambang dirancang untuk dapat dilalui oleh alat angkut Dump
Truck Mitsubishi FE 74 HD dengan lebar jalan pada lintasan lurus 7 meter.
Kemiringan jalan dibuat menyesuaikan medan topografi dengan kemiringan
maksimum sebesar 12%. Rancangan area timbunan didapat dari data rekomendasi
geoteknik perusahaan dengan tinggi lift 5 m, lebar jenjang 3 m, dan sudut lereng
tunggal 40º. Area timbunan direncanakan sebagai area timbunan bagi tanah pucuk
dan anseit lapuk. Alat muat yang digunakan adalah Excavator Caterpillar 320D
dengan kapasitas bucket 1,19 m3. Alat angkut yang digunakan adalah Dump Truck
Mitsubishi FE 74 HD dengan kapasitas bak 10 m3.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 23 Jun 2023 07:23
Last Modified: 23 Jun 2023 07:23
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/36153

Actions (login required)

View Item View Item