Qatrunnada, Sanya Sekar (2023) PENGARUH TERPAAN IKLAN SPOTIFY “ROTI DAN SELAI” TERHADAP MINAT BELI SPOTIFY PREMIUM. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
Text
ABSTRAK - Sanya Sekar Qatrunnada (153180064).pdf Download (114kB) |
|
Text
COVER - Sanya Sekar Qatrunnada (153180064).pdf Download (222kB) |
|
Text
DAFTAR ISI - Sanya Sekar Qatrunnada (153180064).pdf Download (208kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA - Sanya Sekar Qatrunnada (153180064).pdf Download (175kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN - Sanya Sekar Qatrunnada (153180064).pdf Download (4MB) |
|
Text
SKRIPSI FULL - Sanya Sekar Qatrunnada (153180064).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Layanan streaming musik online kini banyak diminati sebagai penunjang
kebutuhan hiburan masyarakat, sehingga mengakibatkan persaingan bisnis ketat
antar perusahaan penyedia jasa streaming musik. Spotify merupakan pemain besar
dalam industri layanan streaming musik online yang hingga saat ini menduduki
urutan pertama platform dengan pengguna terbanyak di dunia. Pencapaian tersebut
tidak lepas dari strategi promosinya yang mampu menarik perhatian konsumen
salah satunya adalah strategi iklan (advertising). Penelitian ini bertujuan untuk
menelaah efektifitas periklanan tersebut dengan mengetahui ada tidak dan seberapa
besar pengaruh terpaan iklan terhadap minat beli suatu produk khususnya pada
iklan Spotify “Roti dan Selai” terhadap minat beli Spotify Premium yang dilakukan
dengan metode survei kepada mahasiswa Yogyakarta dengan usia 18-24 tahun.
Penelitian ini dilandasi dengan teori S-O-R dan teori Advertising Exposure,
sebagaimana hasilnya yang membuktikan bahwa terdapat pengaruh signifikan
terpaan iklan Spotify “Roti dan Selai” (S) terhadap Mahasiswa Yogyakarta (O)
yang menimbulkan perasaan dan sikap tertentu berupa minat beli produk Spotify
Premium (R) dengan nilai signifikansi 0,01(< 0,05). Hubungan kedua variabel
tersebut bersifat positif dan searah dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,255.
Namun besar pengaruh terpaan iklan Spotify “Roti dan Selai” terhadap minat beli
Spotify Premium hanya sebesar 6,5%, sedangkan sisanya sebesar 93,5%
dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti seperti
pengetahuan atau pengalaman pribadi responden. Kendati demikian, melalui
indikator minat preferensial yang memiliki skor rata-rata paling tinggi (4,08),
Spotify Premium terbukti tetap menjadi pilihan utama responden dalam memilih
layanan streaming musik online dan menjadi Top of Mind diantara kompetitornya.
Kata kunci: terpaan iklan, frekuensi, durasi, intensitas, minat beli konsumen,
streaming musik
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | terpaan iklan, frekuensi, durasi, intensitas, minat beli konsumen, streaming musik |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | A.Md Sepfriend Ayu Kelana Giri |
Date Deposited: | 23 Jun 2023 01:48 |
Last Modified: | 23 Jun 2023 01:48 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/36121 |
Actions (login required)
View Item |