ANALISIS NARATIF VIDEO STORYTELLING DESTINATION BRANDING JIWA JAGAD JAWI WONDERFUL INDONESIA

KHASANI, DZIKI FAHMIL (2023) ANALISIS NARATIF VIDEO STORYTELLING DESTINATION BRANDING JIWA JAGAD JAWI WONDERFUL INDONESIA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak - Dziki Fahmil Khasani-Skripsi-Ilmu Komunikasi-FISIP-2023.pdf] Text
Abstrak - Dziki Fahmil Khasani-Skripsi-Ilmu Komunikasi-FISIP-2023.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of Cover - Dziki Fahmil Khasani-Skripsi-Ilmu Komunikasi-FISIP-2023.pdf] Text
Cover - Dziki Fahmil Khasani-Skripsi-Ilmu Komunikasi-FISIP-2023.pdf

Download (283kB)
[thumbnail of Daftar Isi - Dziki Fahmil Khasani-Skripsi-Ilmu Komunikasi-FISIP-2023.pdf] Text
Daftar Isi - Dziki Fahmil Khasani-Skripsi-Ilmu Komunikasi-FISIP-2023.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka - Dziki Fahmil Khasani-Skripsi-Ilmu Komunikasi-FISIP-2023.pdf] Text
Daftar Pustaka - Dziki Fahmil Khasani-Skripsi-Ilmu Komunikasi-FISIP-2023.pdf

Download (409kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan - Dziki Fahmil Khasani-Skripsi-Ilmu Komunikasi-FISIP-2023.pdf] Text
Lembar Pengesahan - Dziki Fahmil Khasani-Skripsi-Ilmu Komunikasi-FISIP-2023.pdf

Download (270kB)
[thumbnail of Skripsi Lengkap - Dziki Fahmil Khasani-Skripsi-Ilmu Komunikasi-FISIP-2023.pdf] Text
Skripsi Lengkap - Dziki Fahmil Khasani-Skripsi-Ilmu Komunikasi-FISIP-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pariwisata di Indonesia merupakan salah satu sektor yang memiliki nilai potensial
dan daya tarik yang sangat besar dan mampu meningkatkan pendapatan bagi
perekonomian nasional. Salah satu caranya adalah dengan mempromosikan
branding Wonderful Indonesia kepada wisatawan mancanegara. Kementerian
Pariwisata dan Ekonomi Kreatif kemudian merilis video promosi pariwisata yang
berjudul Jiwa Jagad Jawi yang di sutradarai oleh Ivan Handoyo untuk
memperkenalkan tanah Jawa dan esensi dari budaya Jawa. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui struktur narasi, rasionalitas naratif dalam aspek coherence dan
fidelity, pesan iklan dalam storytelling, serta proses pembentukan destination
branding pada video Jiwa Jagad Jawi. Metode penelitian yang digunakan adalah
metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis naratif Tzvetan Todorov.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur narasi terbagi menjadi tiga struktur
yang terdiri dari awal, tengah yang dibagi menjadi dua, dan akhir disertai
rasionalitas naratif pada aspek coherence yang lancar dan fidelity dengan destinasi
wisata yang memiliki nilai budaya, sejarah, dan mitologi yang kuat. Adanya
pendekatan storytelling juga mendorong dalam proses pembentukan destination
branding yang dapat membantu sebuah negara melalui sektor pariwisata dalam
membentuk identitas destinasi wisata. Penilitian ini menunjukkan terdapat film
promosi pariwisata yang dapat dilihat dengan adanya nilai-nilai budaya dan
spiritual yang saling bersandingan yang terjadi pada masyarakat dengan
memadukan nilai sejarah yang kuat. Namun diperlukan upaya dengan jangka
waktu yang panjang dengan konsistensi pesan yang disertai keselarasan dan
realitas yang ada ketika melakukan promosi untuk destinasi wisata sehingga pesan
dapat diterima oleh target khalayak yang akan dituju.
Kata kunci : wonderful indonesia, storytelling, destination branding, naratif

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: wonderful indonesia, storytelling, destination branding, naratif
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: A.Md Apriliani Kusuma Wardhani
Date Deposited: 23 Jun 2023 01:44
Last Modified: 23 Jun 2023 01:44
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/36118

Actions (login required)

View Item View Item