JANNAH, ANNISA FATAYATUN NURUL (2023) ANALISIS STRATEGI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA REBRANDING (Studi Deskriptif Kualitatif Akun Instagram @Puriverabotanicals). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
| 
              
Text
 ABSTRAK_153160137_ANNISA FATAYATUN NJ.pdf Download (77kB)  | 
          |
| 
              
Text
 COVER_153160137_ANNISA FATAYATUN NJ.pdf Download (150kB)  | 
          |
| 
              
Text
 DAFTAR ISI_153160137_ANNISA FATAYATUN NJ.pdf Download (56kB)  | 
          |
| 
              
Text
 DAFTAR PUSTAKA_153160137_ANNISA FATAYATUN NJ.pdf Download (100kB)  | 
          |
| 
              
Text
 HALAMAN PENGESAHAN_153160137_ANNISA FATAYATUN NJ.pdf Download (199kB)  | 
          |
| 
              
Text
 SKRIPSI_ANNISA FATAYATUN NJ_153160137_ILKOM_FISIP_2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB)  | 
          
Abstract
Salah satu brand lokal yang tengah bersaing di tengah persaingan pasar kosmetikan 
lokal adalah Purivera Botanicals. Purivera merupakan brand lokal Indonesia yang 
pertama kali didirikan oleh Stanley Victorinus pada tahun 2017. Dalam 
perjalanannya, Purivera Botanicals sempat mengalami masalah internal yang 
membuatnya harus berhenti memasarkan produknya dan vakum sementara waktu
di media sosial, sebelum akhirnya pada tahun 2021 Purivera Botanicals kembali ke 
pasaran dengan melakukan rebranding. Proses rebranding ini dilakukan melalui 
media sosial instagram yang merupakan media sosial utamanya. Melalui media 
sosial instagram ini, Purivera Botanicals menggunakan strategi komunikasi untuk 
mencapai tujuan rebranding yang dilakukannya. Penelitian ini meneliti 
perencanaan komunikasi rebranding yag dilakukan Purivera Botanicals melalui 
instagram dengan metode deskriptif kualitatif. Untuk mendeskripsikan rumusan 
masalah, penelitian ini menggunakan teori perencanaan pesan dan Goals-Plans�Action (GPA) oleh James Dillard. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah 
dengan wawancara, observasi dan studi dokumentasi dan untuk uji keabsahan data 
penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini dapat 
disimpulkan bahwa proses komunikasi rebranding yang dilakukan telah berhasil, 
pesan rebranding yang ingin disampaikan kepada target audiens dapat diterima 
dengan baik dan komunikasi yang dilakukan Purivera Botanicals melalui media 
sosial lebih responsif dibandingkan dengan sebelum melakukan rebranding. 
Purivera Botanicals dalam proses rebranding yang dilakukan telah merencanakan 
(plans) setiap proses komunikasinya yang mencakup pemilihan media, 
perencanaan konsep dan isi pesan, untuk mencapai tujuannya (goals) yaitu 
membangun kembali komunikasi dengan konsumen serta meningkatkan penjualan, 
pelaksanaan (action) dari rencana-rencana tersebut dimaksimalkan dengan 
penggunaan fitur-fitur instagram yang tersedia dan mengunggah konten yang sesuai 
dengan konsep yang ditentukan. 
Kata kunci: rebranding, strategi komunikasi, Goals-Plans-Action.
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | rebranding, strategi komunikasi, Goals-Plans-Action | 
| Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) | 
| Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences | 
| Depositing User: | A.Md Apriliani Kusuma Wardhani | 
| Date Deposited: | 21 Jun 2023 03:47 | 
| Last Modified: | 21 Jun 2023 03:47 | 
| URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/36071 | 
Actions (login required)
![]()  | 
        View Item | 
