JANNAH, ANNISA FATAYATUN NURUL (2023) ANALISIS STRATEGI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA REBRANDING (Studi Deskriptif Kualitatif Akun Instagram @Puriverabotanicals). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Text
ABSTRAK_153160137_ANNISA FATAYATUN NJ.pdf Download (77kB) |
|
Text
COVER_153160137_ANNISA FATAYATUN NJ.pdf Download (150kB) |
|
Text
DAFTAR ISI_153160137_ANNISA FATAYATUN NJ.pdf Download (56kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_153160137_ANNISA FATAYATUN NJ.pdf Download (100kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN_153160137_ANNISA FATAYATUN NJ.pdf Download (199kB) |
|
Text
SKRIPSI_ANNISA FATAYATUN NJ_153160137_ILKOM_FISIP_2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Salah satu brand lokal yang tengah bersaing di tengah persaingan pasar kosmetikan
lokal adalah Purivera Botanicals. Purivera merupakan brand lokal Indonesia yang
pertama kali didirikan oleh Stanley Victorinus pada tahun 2017. Dalam
perjalanannya, Purivera Botanicals sempat mengalami masalah internal yang
membuatnya harus berhenti memasarkan produknya dan vakum sementara waktu
di media sosial, sebelum akhirnya pada tahun 2021 Purivera Botanicals kembali ke
pasaran dengan melakukan rebranding. Proses rebranding ini dilakukan melalui
media sosial instagram yang merupakan media sosial utamanya. Melalui media
sosial instagram ini, Purivera Botanicals menggunakan strategi komunikasi untuk
mencapai tujuan rebranding yang dilakukannya. Penelitian ini meneliti
perencanaan komunikasi rebranding yag dilakukan Purivera Botanicals melalui
instagram dengan metode deskriptif kualitatif. Untuk mendeskripsikan rumusan
masalah, penelitian ini menggunakan teori perencanaan pesan dan Goals-Plans�Action (GPA) oleh James Dillard. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
dengan wawancara, observasi dan studi dokumentasi dan untuk uji keabsahan data
penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini dapat
disimpulkan bahwa proses komunikasi rebranding yang dilakukan telah berhasil,
pesan rebranding yang ingin disampaikan kepada target audiens dapat diterima
dengan baik dan komunikasi yang dilakukan Purivera Botanicals melalui media
sosial lebih responsif dibandingkan dengan sebelum melakukan rebranding.
Purivera Botanicals dalam proses rebranding yang dilakukan telah merencanakan
(plans) setiap proses komunikasinya yang mencakup pemilihan media,
perencanaan konsep dan isi pesan, untuk mencapai tujuannya (goals) yaitu
membangun kembali komunikasi dengan konsumen serta meningkatkan penjualan,
pelaksanaan (action) dari rencana-rencana tersebut dimaksimalkan dengan
penggunaan fitur-fitur instagram yang tersedia dan mengunggah konten yang sesuai
dengan konsep yang ditentukan.
Kata kunci: rebranding, strategi komunikasi, Goals-Plans-Action.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | rebranding, strategi komunikasi, Goals-Plans-Action |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | A.Md Apriliani Kusuma Wardhani |
Date Deposited: | 21 Jun 2023 03:47 |
Last Modified: | 21 Jun 2023 03:47 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/36071 |
Actions (login required)
View Item |