PENGUKURAN KUALITAS PELAYANAN PENDIDIKAN DENGAN METODE SERVQUAL, IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS DAN POTENTIAL GAIN CUSTOMER VALUE (Studi kasus di Program Studi Teknik Industri Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta )

Widyatama, Maulana (2023) PENGUKURAN KUALITAS PELAYANAN PENDIDIKAN DENGAN METODE SERVQUAL, IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS DAN POTENTIAL GAIN CUSTOMER VALUE (Studi kasus di Program Studi Teknik Industri Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta ). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak Bhs Ind.pdf] Text
Abstrak Bhs Ind.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of Daftar Isi Gabungan.pdf] Text
Daftar Isi Gabungan.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of Daftar pustaka Gabungan.pdf] Text
Daftar pustaka Gabungan.pdf

Download (118kB)
[thumbnail of Skripsi Tama.pdf] Text
Skripsi Tama.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Adobe Scan 24 Mei 2023 (1).pdf] Text
Adobe Scan 24 Mei 2023 (1).pdf

Download (169kB)

Abstract

Program studi teknik industri merupakan salah satu program studi yang
ada di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta dengan
akreditasi B (baik sekali). Guna meningkatkan nilai akreditasi maka dibutuhkan
pengukuran kualitas pelayanan pendidikan program studi yang telah dirasakan
oleh civitas akademika berdasarkan dengan 9 kriteria akreditasi Lembaga
Akreditasi Mandiri Teknik (LAM-Teknik) dan juga masalah apa saja yang harus
diprioritaskan menurut kenyataan dan harapan civitas akademika program studi
teknik industri.
Metode yang digunakan untuk mengukur kualitas layanan pendidikan
program studi teknik industri adalah dengan menggunakan Servqual (Service
Quality) dengan memakai 47 atribut yang merupakan penyederhanaan dari 9
kriteria akreditasi LAM-Teknik dan dikelompokkan sesuai dengan 5 dimensi
kuaitas. Metode Servqual digunakan untuk mengukur gap atribut menurut
kenyataan dan harapan civitas akademika. Penyeleksian atribut prioritas
menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) dan untuk
pengurutan prioritas atribut menggunakan metode Potential Gain Customer Value
(PGCV).
Dari penelitian yang dihasilkan bahwa civitas akademika mengharapkan
perbaikan pada semua aspek kriteria akreditasi dan dibuktian dengan seluruh
atribut menghasilkan gap negatif yang berarti civitas akademika kurang puas
dengan seluruh aspek pelayanan program studi dan mengharapkan perbaikan
kedepannya. Dari 47 atribut terdapat 16 atribut yang masuk dalam kuadran I
diagram IPA dimana 16 atribut telah diprioritaskan oleh civitas akademika untuk
dilakukan perbaikan dan dengan urutan pertama dengan skor PGCV sebesar 9,789
yaitu kemudahan mengisi KRS dan di urutan terakhir dengan skor PGCV 6,839
yaitu kemudahan mengurus PKM maupun KKN.
Kata kunci: Akreditasi, Pelayanan, Servqual, Importance Performance Analysis
(IPA), Potential Gain Customer Value (PGCV)

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Akreditasi, Pelayanan, Servqual, Importance Performance Analysis (IPA), Potential Gain Customer Value (PGCV)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Geography
Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: A.Md Sepfriend Ayu Kelana Giri
Date Deposited: 20 Jun 2023 06:54
Last Modified: 20 Jun 2023 06:54
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/36053

Actions (login required)

View Item View Item