Erviana, Erviana (2023) MODEL GOVERNMENT PUBLIC RELATIONS KABUPATEN GUNUNGKIDUL DALAM MENINGKATKAN REPUTASI MELALUI MEDIA SOSIAL. Masters thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
Text
1. Tesis_Erviana_253200006_Model Government Public Relations Kabupaten Gunungkidul Dalam Meningka.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text
2. JUDUL.pdf Download (158kB) |
|
Text
3. RINGKASAN.pdf Download (187kB) |
|
Text
5. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (355kB) |
|
Text
4. DAFTAR ISI.pdf Download (190kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi informasi menuntut Pemerintah untuk berinovasi serta
beradaptasi dengan cepat. Tantangan Humas Pemerintah adalah meraih
kepercayaan publik. Humas dituntut memberikan informasi cepat dan akurat untuk
menjelaskan kebijakan dan program. Government Public Relations berperan aktif
dalam membangun reputasi pemerintah. Government Public Relations Kabupaten
Gunungkidul dikelola oleh Dinas Komunikasi dan Informatika merupakan salah
satu instansi yang menggunakan media sosial Instagram, Facebook, dan Youtube
dalam proses public relations. Tujuan penelitian ini untuk menemukan model
Government Public Relations Kabupaten Gunungkidul. Teori dan konsep yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu, Government Public Relations, Teori Excellent
Public Relations Grunig & Hunt, Proses Public Relations, citra identitas reputasi,
media sosial. Jenis penelitian ini kualitatif dengan metode fenomenologi. Objek
penelitian ini adalah model government public relations Kabupaten Gunungkidul
dalam meningkatkan reputasi melalui media sosial. Proses public relations dalam
meningkatkan reputasi melalui media sosial, Government Public Relations
Kabupaten Gunungkidul yaitu Fact Finding, Programming, Taking Action &
Communicating dan Evaluating. Hasil penelitian menemukan Model Public
Relations two-way symmetrical melalui media sosial yang memiliki nilai tambah
(value added) mendengarkan, mengelola pesan dan interaksi untuk Government
Public Relations Kabupaten Gunungkidul. Media sosial sebagai nilai tambah dalam
proses public relations pemerintah didesain untuk memudahkan interaksi sosial
yang interaktif. Model public relations two way symmetrical melalui media sosial
merupakan model yang ideal untuk meningkatkan reputasi lembaga pemerintah.
Kata Kunci: Government Public Relations, Reputasi, Media Sosial
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Government Public Relations, Reputasi, Media Sosial |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 14 Jun 2023 08:47 |
Last Modified: | 14 Jun 2023 08:52 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/35937 |
Actions (login required)
View Item |