AZZARA, MAYDA ILMA (2023) UPAYA INDONESIAN TEMPE MOVEMENT DALAM MENJALANKAN GASTRO DIPLOMACY INDONESIA TAHUN 2017-2021. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyajarta.
Text
Abstrak.pdf Download (96kB) |
|
Text
Cover.pdf Download (202kB) |
|
Text
Daftar isi.pdf Download (189kB) |
|
Text
Daftar pustaka.pdf Download (207kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (1MB) |
|
Text
MAYDA ILMA A_SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
v
ABSTRAK
Gastro diplomacy merupakan salah satu bentuk diplomasi publik yang
menggunakan kuliner suatu negara sebagai instumen diplomasinya dengan tujuan
meningkatkan citra negara (nation branding). Melihat kekayaan kuliner Indonesia
yang unik dan bergizi salah satunya tempe. Indonesian Tempe Movement sebagai
organisasi dalam bidang gastronomi memanfaatkan potensi ini untuk
memperkenalkan tempe ke dunia internasional. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis upaya Indonesian Tempe Movement dalam melakukan gastro
diplomacy Indonesia ke dunia internasional untuk memperkenalkan tempe sebagai
makanan bergizi tinggi dari Indonesia. Upaya yang dilakukan Indonesian Tempe
Movement dilakukan secara maksimal ditandai dengan semakin dikenalnya tempe
oleh masyarakat internasional dan meningkatnya produksi tempe diluar negeri.
Semakin dikenalnya tempe didunia internasional mendorong pemerintah dan
masyarakat Indonesia untuk mengajukan tempe ke United Nations Educational,
Scientific and Cultural Organization (UNESCO) sebagai Warisan Budaya
Takbenda. Peneliti menyimpulkan bahwa Indonesian Tempe Movement sebagai
aktor non negara memiliki peran penting dalam kontribusi gastro diplomacy
tempe ke dunia internasional. Upaya-upaya yang dilakukan Indonesian Tempe
Movement menjadi titik bangkitkan sinergi Indonesian Tempe Movement dan
pemerintah Indonesia dalam melaksanakan gastro diplomacy tempe untuk
meningkatkan nation branding Indonesia di dunia internasional.
Kata Kunci : Diplomasi Publik, Gastro diplomacy, Nation Branding, Aktor
Non Negara.
vi
ABSTRACT
Gastro diplomacy is a form of public diplomacy that uses a culinary
products as its diplomatic instrument with the aim of enhancing the nation's
image. Looking at the unique and diversity of Indonesian culinary delights, one of
them is tempe. The Indonesian Tempe Movement as an organization in the field of
gastronomy takes advantage of this potential to introduce tempe to the
international society. This study aims to analyze the efforts of the Indonesian
Tempe Movement in carrying out Indonesian gastro diplomacy to the
international society to introduce tempe as a nutriment from Indonesia. The
efforts made by the Indonesian Tempe Movement to the fullest are marked by the
increasing recognition of tempe by the international society and the increasing
production of tempe abroad. The increasing recognition of tempe in the
international society has encouraged the Indonesian government and people to
submit tempe to The United Nations Educational, Scientific and Cultural
Organization (UNESCO) as Intangible Cultural Heritage. The researcher
concludes that the Indonesian Tempe Movement as a non-state actor has an
important role in developing of tempe gastrodiplomacy to the international
society. The efforts made by the Indonesian Tempe Movement have become a
point of fasilitating the synergy of the Indonesian Tempe Movement and the
Indonesian government in implementing tempe gastro diplomacy to improve
Indonesia's nation branding internationally.
Key word: Public Diplomacy, Gastro diplomacy, Nation Branding, Non State
Actors.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Public Diplomacy, Gastro diplomacy, Nation Branding, Non State Actors. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 13 Jun 2023 03:26 |
Last Modified: | 13 Jun 2023 03:26 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/35891 |
Actions (login required)
View Item |