PENGGUNAAN METODE MARKER BASED DAN MARKERLESS PADA AUGMENTED REALITY GAMELAN JAWA

Rizky, Mahardika Rahman (2023) PENGGUNAAN METODE MARKER BASED DAN MARKERLESS PADA AUGMENTED REALITY GAMELAN JAWA. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (65kB)
[thumbnail of PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf] Text
PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf

Download (301kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of SKRIPSI-FULL_MAHARDIKA R.R_123180178.pdf] Text
SKRIPSI-FULL_MAHARDIKA R.R_123180178.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Museum Sonobudoyo merupakan museum yang berada di Yogyakarta, dimana pada
museum Sonobudoyo terdapat banyak koleksi, salah satu koleksi dari museum Sonobudoyo
yaitu Gamelan Jawa.. Pada koleksi gamelan Jawa pada museum Sonobodoyo tentunya tidak
semua orang dapat memainkannya dikarenakan gamelan tersebut dapat rusak apabila
dimainkan karena rapuh, sehingga pengunjung tidak tahu bagaimana suara dan bagaimana
cara memainkannya, oleh karena itu diperlukan pengenalan mengenai gamelan Jawa,
sehingga mengetahui nama alat – alat musik Gamelan Jawa, bahan yang digunakan, suara
yang dihasilkan, dan bagaimana cara memainkannya dari alat musik Gamelan Jawa, salah
satu cara yaitu dengan menggunakan teknologi Augmented Reality.
Augmented Reality dapat membuat dunia virtual untuk masuk ke dalam dunia nyata
secara real-time sehingga keduanya saling melengkapi. Pada Augmented Reality terdapat
metode-metode seperti marker based dan markerless, perbedaan dari kedua metode yaitu
pada marker based perlu menggunakan image target tertentu untuk memunculkan objek,
sedangkan pada markerless tidak perlu mengggunakan image target hanya membutuhkan
ground plane detection. Pada Augmentes Reality terdapat parameter yang penting dalam
memunculkan objek 3D yaitu jarak, intensitas cahaya dan sudut.
Hasil dari penelitian perbandingan metode Marker Based dan Markerless dengan
parameter jarak, intensitas cahaya, dan sudut bahwa Augmented Reality metode Markerless
lebih unggul daripada metode Marker Based dengan presentase pengujian jarak pada
Markerless 96% sedangkan pada Marker Based sebesar 58,67% , pada pengujian intensitas
cahaya metode Markerless dan Marker Based memiliki presentase yang sama sebesar 85%,
pada pengujian sudut metode Markerless unggul dengan presentase 86,67% sedangkan pada
metode Marker memperoleh presentase 65%. pengujian System Usability Scale (SUS)
mendapatkan skor 69,58 yang mendapatkan grade C dimana skor tersebut diatas rata – rata
dari System Usability Scale (SUS), untuk pengujian metode yang terbaik untuk dijadikan
sebagai media informasi yang interaktif untuk pengenalan gamelan Jawa yaitu metode
Marker dikarenakan pengguna lebih memilih menggunakan Marker dengan presentase
83,78%, sedangkan metode Markerless hanya mendapatkan presentase 54,22%.
Kata Kunci: Augmented Reality, Marker Based, Markerless, Gamelan Jawa

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Marker Based, Markerless, Gamelan Jawa
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: A.Md Sepfriend Ayu Kelana Giri
Date Deposited: 09 Jun 2023 04:21
Last Modified: 09 Jun 2023 04:21
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/35852

Actions (login required)

View Item View Item