Mengenal Karakter Bencana Amblesan Studi Kasus Amblesan di Kaki Gunung Merapi dan Gunung Kelud

Paripurno, Eko Teguh and Nugroho, Nandra Eko (2021) Mengenal Karakter Bencana Amblesan Studi Kasus Amblesan di Kaki Gunung Merapi dan Gunung Kelud. LPPM UPN “Veteran” Yogyakarta, Sleman. ISBN 9786233890717

[thumbnail of 3.Buku Mengenal Karakter Bencana Amblesan.pdf] Text
3.Buku Mengenal Karakter Bencana Amblesan.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 3.HKI.pdf] Text
3.HKI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Bencanamerupakan konsekuensi logis atas dinamika bumi yang harus dikelola demi kepentingan keselamatan bersama. Untuk mengelola dampak atas bencana maka perlu untuk mengenali karakter ancaman bencana yang ada. Begitupula bencana amblesan tanah dan sumur yang terjadi bukan tanpa sebab, ada peran aktivitas geologi dibawah permukaan, disertai dengan pemicu oleh lingkungan dan menimbulkan efek di permukaan dan berimbas pada aktivitas manusia di sekitarnya.
Buku ini disusun dengan harapan dapat memperkaya pengetahuan kolektif dalam ihwal mengenali karakter bencana amblesan khususnya amblesan di wilayah kaki gunung berapi dengan studi kasus Gunung Merapi dan Gunung Kelud. Dengan memperkaya pengetahuan mengenai ancaman bencana amblesan, harapannya kita dapat menjadi agen pengurangan risiko bencana, khususnya bencana amblesan.
Terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam proses penelitian dan penyusunan buku “Mengenal Karakter Bencana Amblesan (Studi Kasus Amblesan di Kaki Gunung Merapi dan Kelud)” ini, Tim PSMB UPN, MMB UPN, Jangkar Kelud, BPBD Kab. Klaten, Dekan FTM UPN, Pemerintah Desa Manggis (Kediri), Pemerintah Desa Jungkare (Klaten), dan semua pihak yang tidak dapat di sebutkan satu persatu.

Item Type: Book
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Dr.Ir.MT EKO TEGUH PARIPURNO
Date Deposited: 17 May 2023 04:07
Last Modified: 17 May 2023 04:08
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/35366

Actions (login required)

View Item View Item