PENGEMBANGAN MODEL PENGAMBILAN KEPUTUSAN MULTI KRITERIA PADA PERUSAHAAN JASA UNTUK MENENTUKAN TRADE-OFF DARI TUJUAN PERUSAHAAN YANG SALING BERKONFLIK MENGGUNAKAN METODE SINGLE OBJECTIVE APPROACH

Sutrisno, Sutrisno and Lucitasari, Dyah Rachmawati (2019) PENGEMBANGAN MODEL PENGAMBILAN KEPUTUSAN MULTI KRITERIA PADA PERUSAHAAN JASA UNTUK MENENTUKAN TRADE-OFF DARI TUJUAN PERUSAHAAN YANG SALING BERKONFLIK MENGGUNAKAN METODE SINGLE OBJECTIVE APPROACH. In: Seminar Nasional tahun ke 5, call for paper dan Pameran Hasil Penelitian & Pengabdian Masyarakat, 16-17 Oktober 2019, LPPM UPNVYK.

[thumbnail of prosiding Seminar Nasional tahun ke-5 (Oktober 2019)_MULTI KRITERIA.pdf] Text
prosiding Seminar Nasional tahun ke-5 (Oktober 2019)_MULTI KRITERIA.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pengambilan keputusan yang dilakukan oleh manajemen perusahaan kebanyakan adalah pengambilan keputusan yang bersifat multi kriteria. Pengambilan keputusan perusahaan yang bersifat multi kriteria ditandai dengan harus dilakukannya pengambilan keputusan atas beberapa tujuan perusahaan yang saling bersifat kontradiktif. Perusahaan jasa pada umumnya ingin memaksimalkan kepuasan pelanggannya dan meminimalkan biaya operasional perusahaan. Untuk memaksimalkan kepuasan pelanggan, perusahaan harus melaksanakan program-program yang diharapkan dapat memaksimalkan tingkat kepuasan pelanggan tersebut. Pelaksanaan program-program tersebut akan menaikan biaya operasional perusahaan, dimana pada akhirnya dapat menurunkan keuntungan perusahaan. Jadi tujuan perusahaan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan berakibat dengan naiknya biaya operasional perusahaan, sehingga kontradiktif dengan tujuan perusahaan yang kedua yaitu meminimalkan biaya operasional perusahaan, hal ini merupakan permasalahan pengambilan keputusan multi kriteria. Untuk mencari trade-off dari dua tujuan perusahaan jasa yang saling kontradiktif, yaitu memaksimalkan kepuasan pelanggan danmeminimalkan biaya operasonal perusahaan maka pertama-tama akan dikembangkan model pengambila keputusan multi kriteria. Model pengambilan keputusan yang dikembangkan adalah model matematis yang terdiri dari dua fungsi tujuan yang saling kontradiktif, yaitu maksimasi tingkat kepuasan pelanggan dan minimasi biaya operasional perusahaan, serta pembatas yang merupakan penjabaran secara matematis dari hal-hal yang membatasi tercapainya dua tujuan perusahaan tersebut. Setelah model matematis dari pengambilan keputusan multi kriteria terbentuk, langkah selanjutnya adalah mencari trade-off dari dua tujuan perusahaan tersebut menggunakan single objective approach.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Ir., MT DYAH RACHMAWATI LUCITASARI
Date Deposited: 13 Apr 2023 03:57
Last Modified: 13 Apr 2023 04:00
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/34523

Actions (login required)

View Item View Item