Prospek Surfaktan Berbahan Dasar Ketapang Sebagai Alternatif Untuk Injeksi Kimia pada Metode Enhanced Oil Recovery (EOR)

Sulistyarso, Harry Budiharjo and Hermawan, Yulius Deddy and Pamungkas, Joko (2022) Prospek Surfaktan Berbahan Dasar Ketapang Sebagai Alternatif Untuk Injeksi Kimia pada Metode Enhanced Oil Recovery (EOR). LPPM UPN "Veteran" Yogyakarta, Yogyakarta. ISBN 9786233891349

[thumbnail of Reference Book] Text (Reference Book)
Buku Referensi Surfaktan Ketapang EOR.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat-Nya kepada kami untuk menyelesaikan buku dengan judul “PROSPEK SURFAKTAN BERBAHAN DASAR KETAPANG SEBAGAI ALTERNATIF UNTUK INJEKSI KIMIA PADA METODE ENHANCED OIL RECOVERY (EOR)". Buku ini merupakan hasil penelitian klaster pada tahun 2022 yang didanai oleh Lembaga Penelitian dan Pegabdian kepada Masyarakat (LPPM) UPN “Veteran” Yogyakarta.
Buku ini diharapkan dapat digunakan sebagai referensi mahasiswa jurusan Teknik Perminyakan dan Teknik Kima dalam mencari literature tentang Enhanced Oil Recovery. Buku ini mencakup informasi pembuatan surfaktan dari bahan kimia alami dan studi laboratorium prospek surfaktan dalam peningkatan perolehan minyak. Buku ini diharapkan dapat bermanfaat dalam pengembangan ilmu pengetahuan khususnya di bidang riset dan bahan material Enhance Oil Recovery (EOR) di industri Migas Indonesia.
Ucapan terima kasih disampaikan kepada Ketua LPPM, Dekan FTM, Ketua Jurusan Teknik Perminyakan yang telah mensuport penelitian kami. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada tim peneliti, asisten peneliti, asisten Laboratorium EOR dan Mitra kerjasama penelitian yaitu PT. Geotama. Tim penulis menyadari masih banyak adanya kekurangan dalam penyajian buku ini dan buku ini masih dapat dikembangkan seiring perjalanan penelitian.
Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah mendukung penelitian dan pembuatan buku ini yang tidak dapat kami sebutkan satu per satu. Mudah mudahan buku ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Item Type: Book
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Dr Y. Deddy Hermawan
Date Deposited: 04 Apr 2023 01:29
Last Modified: 04 Apr 2023 01:29
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/33032

Actions (login required)

View Item View Item