STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN KLINIK KOPI DALAM MENINGKATKAN CUSTOMER ENGAGEMENT MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

Al asri, Hanafiah Beno Galangi (2023) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN KLINIK KOPI DALAM MENINGKATKAN CUSTOMER ENGAGEMENT MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Other thesis, UPN 'Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1. Skripsi Full Text _153180035_Hanafiah Beno Galangi Al asri.pdf] Text
1. Skripsi Full Text _153180035_Hanafiah Beno Galangi Al asri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 2. Cover_153180035_Hanafiah Beno Galangi Al asri.pdf] Text
2. Cover_153180035_Hanafiah Beno Galangi Al asri.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of 3. Abstrak_153180035_Hanafiah Beno Galangi Al asri.pdf] Text
3. Abstrak_153180035_Hanafiah Beno Galangi Al asri.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 4. Halaman Pengesahan_153180035_Hanafiah Beno Galangi Al asri.pdf] Text
4. Halaman Pengesahan_153180035_Hanafiah Beno Galangi Al asri.pdf

Download (291kB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi_153180035_Hanafiah Beno Galangi Al asri.pdf] Text
5. Daftar Isi_153180035_Hanafiah Beno Galangi Al asri.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_153180035_Hanafiah Beno Galangi Al asri.pdf] Text
6. Daftar Pustaka_153180035_Hanafiah Beno Galangi Al asri.pdf

Download (144kB)

Abstract

ABSTRAK
Perkembangan bisnis di berbagai sektor mengakibatkan persaingan semakin sengit,
tidak hanya bagaimana bisnis menyediakan produk atau layanan tapi bagaimana
produk atau jasa yang dihasilkan dapat diketahui dan diterima oleh konsumen.
Dengan memanfaatkan teknologi yang ada, maka proses pemasaran menggunakan
teknologi internet merupakan cara terbaik dalam memasarkan produk karena
mampu menjangkau konsumen, relevan, dan tepat sasaran. Tidak sedikit pelaku
usaha khususnya Usaha kedai kopi baik Kecil maupun Menengah dalam
mengenalkan merek dan memasarkan produknya menggunakan media sosial
instagram. Salah satunya ialah Klinik Kopi Yogyakarta. Klinik Kopi ini sudah
menggunakan instagram sebagai media pemasaran dan pastinya memerlukan
perencanaan strategi yang tepat dalam melakukan kegiatan tersebut. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran Klinik Kopi
dalam meningkatkan customer engangement melalui media sosial instagram.
Penelitian ini menggunakan konsep The Circular Model of SOME dari Regina
Luttrell. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan pendekatan kualitatif
dan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil
penelitian ini adalah Klinik Kopi memiliki media sosial Instagram yang dilatar
belakangi oleh pengguna media sosial yang semakin meningkat serta banyaknya
fitur yang disediakan di dalam satu platform. Kemudian dalam melakukan
pemasaran melalui instagram Klinik Kopi melakukan tahapan-tahapan yang ada
pada model The Circular Model of SOME yang di dalamnya terdapat empat tahapan
yaitu: tahap berbagi (share), tahap optimalisasi (optimize), tahap mengelola
(manage), dan tahap terlibat (engange). Meskipun strategi pemasaran Klinik Kopi
dikatakan berasil karena sudah memenuhi empat tahapan tersebut, namun dalam
pelaksanaannya masih kurang maksimal dalam beberapa tahapan dari the circular
model of some
Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran, Media Sosial Instagram, Klinik Kopi
ABSTRACT
Business developments in various sectors have resulted in a tight competition, not
only in how businesses provide products or services but how products or services
are produced can be known and also accepted by consumer. High development in
communication technology have made marketing communications possible
everywhere, including through new media such as social media. Utilizing available
technology, the marketing process using internet technology is the best way to
distribute products because of the ability to reach consumers, relevant and on pint.
A lot of businesses, especially coffee shop businesses, both small and medium, they
introduce their brand using Instagram. One of them is the Klinik Kopi Yogyakarta.
This Klinik Kopi uses Instagram to promote and definitely requires proper strategic
planning to make it happen. The purpose of this study was to determine the Klinik
Kopi marketing communication strategy in increasing customer engagement
through Instagram social media. This study uses the concept of The Circular Model
of SOME from Regina Luttrell. The method used in this study is a qualitative
approach and data collection techniques include interviews, observation and
documentation. The results of this study are that Klinik Kopi has social media
Instagram due to the increasing number of social media users and the features
provided in one platform. Then while marketing via Instagram Klinik Kopi is in fit
with with The Circular Model of SOME in which there are four stages, namely: the
sharing stage, the optimization stage (optimize), the manage stage (manage), and
the engagement stage (engange). Although Klinik Kopi's marketing approach is
deemed effective since it meets these four criteria, the execution of some stages of
the circular model is still not ideal.
Keywords: Marketing Communications, Instagram Social Media, Klinik Kopi

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Pemasaran, Media Sosial Instagram, Klinik Kopi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 21 Feb 2023 01:37
Last Modified: 21 Feb 2023 01:37
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/32708

Actions (login required)

View Item View Item