Al asri, Hanafiah Beno Galangi (2023) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN KLINIK KOPI DALAM MENINGKATKAN CUSTOMER ENGAGEMENT MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Other thesis, UPN 'Veteran" Yogyakarta.
| 
              
Text
 1. Skripsi Full Text _153180035_Hanafiah Beno Galangi Al asri.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB)  | 
          |
| 
              
Text
 2. Cover_153180035_Hanafiah Beno Galangi Al asri.pdf Download (125kB)  | 
          |
| 
              
Text
 3. Abstrak_153180035_Hanafiah Beno Galangi Al asri.pdf Download (34kB)  | 
          |
| 
              
Text
 4. Halaman Pengesahan_153180035_Hanafiah Beno Galangi Al asri.pdf Download (291kB)  | 
          |
| 
              
Text
 5. Daftar Isi_153180035_Hanafiah Beno Galangi Al asri.pdf Download (145kB)  | 
          |
| 
              
Text
 6. Daftar Pustaka_153180035_Hanafiah Beno Galangi Al asri.pdf Download (144kB)  | 
          
Abstract
ABSTRAK
Perkembangan bisnis di berbagai sektor mengakibatkan persaingan semakin sengit, 
tidak hanya bagaimana bisnis menyediakan produk atau layanan tapi bagaimana 
produk atau jasa yang dihasilkan dapat diketahui dan diterima oleh konsumen. 
Dengan memanfaatkan teknologi yang ada, maka proses pemasaran menggunakan 
teknologi internet merupakan cara terbaik dalam memasarkan produk karena 
mampu menjangkau konsumen, relevan, dan tepat sasaran. Tidak sedikit pelaku 
usaha khususnya Usaha kedai kopi baik Kecil maupun Menengah dalam 
mengenalkan merek dan memasarkan produknya menggunakan media sosial 
instagram. Salah satunya ialah Klinik Kopi Yogyakarta. Klinik Kopi ini sudah 
menggunakan instagram sebagai media pemasaran dan pastinya memerlukan 
perencanaan strategi yang tepat dalam melakukan kegiatan tersebut. Tujuan 
penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran Klinik Kopi 
dalam meningkatkan customer engangement melalui media sosial instagram. 
Penelitian ini menggunakan konsep The Circular Model of SOME dari Regina 
Luttrell. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan pendekatan kualitatif 
dan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil 
penelitian ini adalah Klinik Kopi memiliki media sosial Instagram yang dilatar 
belakangi oleh pengguna media sosial yang semakin meningkat serta banyaknya 
fitur yang disediakan di dalam satu platform. Kemudian dalam melakukan 
pemasaran melalui instagram Klinik Kopi melakukan tahapan-tahapan yang ada 
pada model The Circular Model of SOME yang di dalamnya terdapat empat tahapan 
yaitu: tahap berbagi (share), tahap optimalisasi (optimize), tahap mengelola 
(manage), dan tahap terlibat (engange). Meskipun strategi pemasaran Klinik Kopi 
dikatakan berasil karena sudah memenuhi empat tahapan tersebut, namun dalam 
pelaksanaannya masih kurang maksimal dalam beberapa tahapan dari the circular 
model of some
Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran, Media Sosial Instagram, Klinik Kopi
ABSTRACT
Business developments in various sectors have resulted in a tight competition, not 
only in how businesses provide products or services but how products or services 
are produced can be known and also accepted by consumer. High development in 
communication technology have made marketing communications possible 
everywhere, including through new media such as social media. Utilizing available 
technology, the marketing process using internet technology is the best way to 
distribute products because of the ability to reach consumers, relevant and on pint. 
A lot of businesses, especially coffee shop businesses, both small and medium, they 
introduce their brand using Instagram. One of them is the Klinik Kopi Yogyakarta. 
This Klinik Kopi uses Instagram to promote and definitely requires proper strategic 
planning to make it happen. The purpose of this study was to determine the Klinik 
Kopi marketing communication strategy in increasing customer engagement 
through Instagram social media. This study uses the concept of The Circular Model 
of SOME from Regina Luttrell. The method used in this study is a qualitative 
approach and data collection techniques include interviews, observation and 
documentation. The results of this study are that Klinik Kopi has social media 
Instagram due to the increasing number of social media users and the features 
provided in one platform. Then while marketing via Instagram Klinik Kopi is in fit 
with with The Circular Model of SOME in which there are four stages, namely: the 
sharing stage, the optimization stage (optimize), the manage stage (manage), and 
the engagement stage (engange). Although Klinik Kopi's marketing approach is 
deemed effective since it meets these four criteria, the execution of some stages of 
the circular model is still not ideal.
Keywords: Marketing Communications, Instagram Social Media, Klinik Kopi
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Pemasaran, Media Sosial Instagram, Klinik Kopi | 
| Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) | 
| Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences | 
| Depositing User: | Eko Yuli | 
| Date Deposited: | 21 Feb 2023 01:37 | 
| Last Modified: | 21 Feb 2023 01:37 | 
| URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/32708 | 
Actions (login required)
![]()  | 
        View Item | 
