SARWANTO, JOKO (2023) PENGARUH TOURIST EXPERIENCE TERHADAP REVISIT INTENTION DENGAN TOURIST SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada wisatawan objek wisata Tamansari Yogyakarta). Other thesis, UPN 'Veteran" Yogyakarta.
Text
COVER-JOKO-SARWANTO-152150075.pdf Download (148kB) |
|
Text
DAFTAR ISI-JOKO-SARWANTO-152150075.pdf Download (79kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN-JOKO SARWANTO-152150075.pdf Download (513kB) |
|
Text
SKRIPSI FULL-JOKO-SARWANTO-152150075.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
ABSTRAK-JOKO-SARWANTO-152150075.pdf Download (127kB) |
Abstract
ix
ABSTRAK
Joko Sarwanto, Nomor Mahasiswa 152150075, Jurusan Ilmu Administrasi
Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional
“Veteran” Yogyakarta, Judul penelitian “Pengaruh Tourist Experience terhadap
Revisit Intention dengan Tourist Satisfaction sebagai Variabel Intervening (Studi
pada wisatawan yang sudah pernah berkunjung ke objek wisata Tamansari
Yogyakarta). Pembimbing I Eny Endah Pujiastuti dan Pembimbing II Lukmono
Hadi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Tourist Experience
terhadap Revisit Intention dengan Tourist Satisfaction sebagai Variabel
Intervening (Studi pada wisatawan objek wisata Tamansari Yogyakarta). Populasi
dalam penelitian ini adalah wisatawan Tamansari Yogyakarta. Penelitian ini
bersifat explanatory dengan menggunakan metode kuantitatif. Sampel dalam
penelitian ini adalah wisatawan objek wisata Tamansari Yogyakarta. Rumus
Machin dan Chambel digunakan untuk perhitungan ukuran sampel yang
menghasilkan 117. Teknik sampling yang digunakan adalah nonprobality
sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dengan
data tabel dan persentase, serta analisis statistik inferensial dengan SEM AMOS
dan Uji Sobel untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari variabel mediasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Tourist Experience
berpengaruh signifikan terhadap Tourist Satisfaction. Tourist Satisfaction
berpengaruh signifikan terhadap Revisit Intention. Tourist Experience
berpengaruh terhadap Revisit Intention. Tourist Experience berpengaruh
signifikan terhadap Revisit Intention melalui Tourist Satisfaction.
Berdasarkan hasil penelitian, objek wisata Tamansari Yogyakarta harus
memperhatikan segala sesuatu yang membuat wisatawan mempunyai pengalaman
yang bagus sebagaimana pengalaman yang dialami wisatawan akan berdampak
terhadap rasa puas atau tidak puas wisatawan, untuk membuat wisatawan merasa
puas dapat dilakukan dengan melakukan pelayanan prima memperbaharui
fasilitas serta menjaga keamanan dan keaslian bangunan, dengan begitu
wisatawan yang merasa puas secara tidak sadar akan memunculkan niat
berkunjung kembali.
Kata Kunci: Tourist Experience, Tourist Satisfaction, Revisit Intention.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tourist Experience, Tourist Satisfaction, Revisit Intention. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 10 Jan 2023 01:35 |
Last Modified: | 10 Jan 2023 01:35 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/32286 |
Actions (login required)
View Item |