PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TERHADAP BRAND IMAGE SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Komunitas Make Up Artist Magelang yang menggunakan Produk L’Oreal)

Lutfaninda, Aulia Ayu (2023) PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TERHADAP BRAND IMAGE SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Komunitas Make Up Artist Magelang yang menggunakan Produk L’Oreal). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Cover Aulia.pdf] Text
Cover Aulia.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of Daftar Isi Aulia.pdf] Text
Daftar Isi Aulia.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka Aulia.pdf] Text
Daftar Pustaka Aulia.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of Skripsi Full_Aulia Ayu L_152170117 (1).pdf] Text
Skripsi Full_Aulia Ayu L_152170117 (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak Aulia.pdf] Text
Abstrak Aulia.pdf

Download (86kB)

Abstract

ABSTRAK
Aulia Ayu Lutfaninda, Nomor Induk Mahasiswa 152170117, Jurusan
Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas
Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Judul Penelitian “Pengaruh Social
Media Marketing dan Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Terhadap Brand Image
serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Komunitas Make Up
Artist Magelang yang menggunakan Produk L’Oreal), 2022. Dosen Pembimbing I
Sauptika Kancana dan Dosen Pembimbing II Indro Herry Mulyanto
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Social
Media Marketing dan Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Terhadap Brand Image
serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian. Penelitian ini menggunakan tipe
explanatory research. Populasi dalam penelitian ini adalah Komunitas Make Up
Artist di Magelang yang pernah menggunakan produk L’Oreal. Total populasi
dalam penelitian ini adalah 84 MUA. Ukuran sampel dalam penelitian ini 46
responden. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling.
Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif
dan analisis statistik inferensial. Analisis statistik inferensial yang menggunakan
metode statistik partial least square dengan bantuan aplikasi SEM-PLS 3.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Social Media Marketing berpengaruh
signifikan terhadap Brand Image, Electronic Word Of Mouth (E-WOM)
berpengaruh signifikan terhadap Brand Image, Social Media Marketing
berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian, Electronic Word Of Mouth
(E-WOM) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian, Brand Image
berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian, Social Media Marketing
berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian melalui Brand Image, dan
Electronic Word Of Mouth (E-WOM) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan
Pembelian melalui Brand Image.
Berdasarkan hasil penelitian, pihak L’Oreal dapat memberikan ruang diskusi
maupun tanya jawab melalui web, pemberian informasi yang mendetail dengan cara
endorsement, mendetailkan pangsa pasarnya, dan selalu mengevaluasi review yang
diberikan konsumen untuk menjadi bahan evaluasi perusahaan.
Kata kunci: Social Media Marketing, Electronic Word Of Mouth (E-WOM), Brand
Image, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Social Media Marketing, Electronic Word Of Mouth (E-WOM), Brand Image, Keputusan Pembelian
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 09 Jan 2023 01:43
Last Modified: 09 Jan 2023 01:43
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/32257

Actions (login required)

View Item View Item