PENGARUH COMMUNAL ACTIVATION MELALUI MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BRAND CONFUSED SHOCKING PADA KOMUNITAS MODPHIS DUCK SERIES DI YOGYAKARTA

WIDYATMAJA, RIZKI NUR (2022) PENGARUH COMMUNAL ACTIVATION MELALUI MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BRAND CONFUSED SHOCKING PADA KOMUNITAS MODPHIS DUCK SERIES DI YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN.pdf] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (640kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL (PENGARUH CUMMUNAL ACTIVATION TERHADAP PURCHASE DESICION KONSUMEN CONFUSED SHOCKING DI YOGYAKARTA).pdf] Text
SKRIPSI FULL (PENGARUH CUMMUNAL ACTIVATION TERHADAP PURCHASE DESICION KONSUMEN CONFUSED SHOCKING DI YOGYAKARTA).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Media baru dianggap sebagai bagian dari media massa, karena memberikan
banyak kegunaan dan kepuasaan. Dari media baru tersebut, seseorang
memperoleh pesan dan diharapkan akan merespon dan berperilaku sesuai dengan
pesan yang diterimanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
communal activation melalui media sosial terhadap keputusan pembelian
konsumen brand Confuse Shocking. Penelitian ini menggunakan teori Uses and
gratification yang membahas tentang kepuasan menggunakan media. Teori ini
menggunakan dasar bahwa khalayak mengginakan media didorong oleh motif-motif tertentu.
Namun, Palmgreen memfokuskan pada apakah motif-motif
khalayak tersebut dapat dipenuhi oleh media. Oleh karena itu, Palmgreen
mengembangkan gratification sought (kepuasan yang dicari) dan gratifiction
obtained (kepuasan yang diperoleh). Gratification sought dibentuk dari
kepercayaan individu tentang apa yang media berikan dan evaluasi mengenai isi
media, sedangkan gratifiction obtained menanyakan hal-hal khusus tentang apa
yang telah diperoleh setelah menggunakan media tersebut. Individu dikatakan
merasa puas jika terpenuhinya motif awal yang mendasari individu memilih
media. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel yang digunakan
adalah anggota komunitas Modphis Duck Series di Yogyakarta, yang berjumlah
35 orang, yang dipilih dengan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data
dengan kuesioner. Teknik analisis menggunakan analisis regresi dan korelasi
sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh communal
activation melalui media sosial terhadap keputusan pembelian konsumen brand
Confuse Shocking pada komunitas Modphis duck series Yogyakarta Yogyakarta;
2) Communal activation melalui media sosial brand Confuse Shocking pada
komunitas Modphis Duck Series Yogyakarta termasuk kategori tinggi; 3)
Keputusan pembelian konsumen brand Confuse Shocking pada komunitas
Modphis Duck Series Yogyakarta termasuk kategori tinggi.
Kata kunci: Communal Activation, Keputusan Pembelian, Media Sosial

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Communal Activation, Keputusan Pembelian, Media Sosial
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: A.Md Apriliani Kusuma Wardhani
Date Deposited: 02 Jan 2023 07:18
Last Modified: 02 Jan 2023 07:19
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/32150

Actions (login required)

View Item View Item