STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU DESA WISATA DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN (Studi Deskriptif Kualitatif pada Desa Wisata Hargobinangun, Boyong, Kabupaten Sleman, Yogyakarta)

Maulana, Firdaus Reza (2023) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU DESA WISATA DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN (Studi Deskriptif Kualitatif pada Desa Wisata Hargobinangun, Boyong, Kabupaten Sleman, Yogyakarta). Other thesis, UPN 'Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 3. Firdaus Reza Maulana_153180115_Cover.pdf] Text
3. Firdaus Reza Maulana_153180115_Cover.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 1. Firdaus Reza Maulana_153180115_Skripsi lengkap.pdf] Text
1. Firdaus Reza Maulana_153180115_Skripsi lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 5. Firdaus Reza Maulana_153180115_Daftar Isi.pdf] Text
5. Firdaus Reza Maulana_153180115_Daftar Isi.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 2. Firdaus Reza Maulana_153180115_Abstrak.pdf] Text
2. Firdaus Reza Maulana_153180115_Abstrak.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 4. Firdaus Reza Maulana_153180115_Lembar Pengesahan.pdf] Text
4. Firdaus Reza Maulana_153180115_Lembar Pengesahan.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 5. Firdaus Reza Maulana_153180115_Daftar Isi.pdf] Text
5. Firdaus Reza Maulana_153180115_Daftar Isi.pdf

Download (2MB)

Abstract

xii
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU DESA WISATA
DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN
(Studi Deskriptif Kualitatif pada Desa Wisata Hargobinangun, Boyong,
Kabupaten Sleman, Yogyakarta)
ABSTRAK
Pandemi Covid-19 telah menghantam industri pariwisata di Indonesia,
termasuk wilayah Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Hal ini terlihat dari penurunan
jumlah wisata di berbagai objek wisata termasuk Desa Wisata Hargobinangun.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran terpadu
desa wisata dalam meningkatkan kunjungan wisatawan di Desa Wisata
Hargobinangun. Metode penelitian deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data
menggunakan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
strategi komunikasi pemasaran terpadu desa wisata cukup optimal dalam
meningkatkan kunjungan wisatawan di Desa Wisata Hargobinangun. Penemuan
fakta menunjukkan bahwa adanya pandemi Covid-19 telah mewajibkan pihak
penyelenggara objek wisata untuk meningkatkan kebersihan dan keamanan.
Berdasarkan fakta tersebut maka pihak pengelola Desa Wisata Hargobinangun telah
merencanakan sejumlah kebijakan seperti kunjungan wisatawan yang hanya 70%
dari jumlah biasanya untuk menghindari kerumunan, penerapan protokol kesehatan
secara ketat hingga meningkatkan kebersihan. Selanjutnya, pengelola berusaha
mengkomunikasikan kebijakan tersebut dengan melibatkan para pegawai,
khususnya pegawai bagian Humas yang ikut bekerja di Desa Wisata
Hargobinangun. Berdasarkan evaluasi, berbagai kebijakan tersebut ternyata
berhasil meningkatkan jumlah wisatawan.
Kata kunci : Strategi Komunikasi, Pemasaran Terpadu, Kunjungan Wisatawan.
xiii
TOURISM VILLAGE INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION
STRATEGY IN INCREASING TOURIST VISIT
(Qualitative Descriptive Study at Hargobinangun Tourism Village, Boyong,
Sleman Regency, Yogyakarta)
ABSTRACT
The Covid-19 pandemic has hit the tourism industry in Indonesia, including
the Sleman Regency, Yogyakarta. This can be seen from the decline in the number
of tours in various tourist objects, including the Hargobinangun Tourism Village.
This study aims to determine the integrated marketing communication strategy of
tourism villages in increasing tourist visits in Hargobinangun Tourism Village.
Qualitative descriptive research method, data collection techniques using
interviews and documentation. The results showed that the tourism village
integrated marketing communication strategy was quite optimal in increasing
tourist visits in the Hargobinangun Tourism Village. The discovery of facts shows
that the Covid-19 pandemic has obligated the organizers of tourist objects to
improve cleanliness and safety. Based on these facts, the manager of the
Hargobinangun Tourism Village has planned a number of policies such as tourist
visits which are only 70% of the usual number to avoid crowds, implementing strict
health protocols to improving hygiene. Furthermore, the manager tries to
communicate the policy by involving the employees, especially the PR employees
who work in the Hargobinangun Tourism Village. Based on the evaluation, these
various policies have succeeded in increasing the number of tourists.
Keywords: Communication Strategy, Integrated Marketing, Tourist Visits.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Pemasaran Terpadu, Kunjungan Wisatawan.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 02 Jan 2023 02:53
Last Modified: 02 Jan 2023 02:53
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/32130

Actions (login required)

View Item View Item