ETIKA KOMUNIKASI PERILAKU TOXIC BEHAVIOR PENGGUNA GAME MOBILE LEGENDS: BANG BANG (Studi Etnografi Virtual pada Tier Epic, Legend, dan Mythic)

Akbar, Ahmad Maulana (2022) ETIKA KOMUNIKASI PERILAKU TOXIC BEHAVIOR PENGGUNA GAME MOBILE LEGENDS: BANG BANG (Studi Etnografi Virtual pada Tier Epic, Legend, dan Mythic). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (351kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (353kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (457kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of SKRIPSI_Ahmad Maulana Akbar _153180066.pdf] Text
SKRIPSI_Ahmad Maulana Akbar _153180066.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) sebagai game kompetitif menyediakan ruang
virtual yang interaktif bagi para pengguna didalamnya yang diminati oleh berbagai
usia baik tua maupun muda. Namun, ketegangan dalam permainan game ini
seringkali memicu timbulnya perilaku toxic behavior. Peneliti melihat bahwa setiap
pemain memiliki cara tersendiri dalam melakukan atau merespon perilaku toxic
behavior. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana Toxic Behavior
yang dilakukan pengguna game MLBB dalam perspektif etika komunikasi.
Penelitian ini menggunakan Teori Etika Deontologi dan Computer Mediated
Communication (CMC). Metode yang digunakan dalam penelitian ini
menggunakan studi etnografi virtual. Penelitian ini menemukan telah terjadi 3 jenis
toxic behavior yang dilakukan oleh para pemain. Tidak terdapat perbedaan yang
mencolok mengenai toxic behavior yang terjadi pada setiap tier. Namun, Informan
menyadari bahwa perilaku tersebut merupakan perbuatan yang salah. Akan tetapi,
menurut persepsi informan perilaku tersebut sudah menjadi hal yang wajar terjadi
di game MLBB. Berdasarkan teori etika deontologi perilaku tersebut tidak dapat
dibenarkan karena para pemain menggunakan bahasa yang tidak sopan. Didapatkan
bahwa perilaku tersebut tidak sesuai dengan etika dan peraturan yang berlaku di
dalam ruang virtual mengacu pada netiquette, rule and terms, dan CMC. Pada
akhirnya, penelitian ini memberikan sebuah rekomendasi kebijakan yang lebih
tegas bagi pihak game developer dan pengembangan penelitian dengan teori-teori
lainnya, seperti fenomenologi dan user and gratification.
Kata Kunci: Etika Komunikasi, Perilaku Komunikasi, komunikasi interpersonal,
Toxic Behavior, game online.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Etika Komunikasi, Perilaku Komunikasi, komunikasi interpersonal, Toxic Behavior, game online.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: A.Md Sepfriend Ayu Kelana Giri
Date Deposited: 29 Dec 2022 08:24
Last Modified: 29 Dec 2022 08:24
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/32114

Actions (login required)

View Item View Item