PRASANTO, RIETFA ANGGA (2022) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN BIOSKOP SONOBUDOYO YOGYAKARTA DENGAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH KUNJUNGAN. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Text
ABSTRAK.pdf Download (11kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (121kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (43kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (83kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (500kB) |
|
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Strategi komunikasi pemasaran saat ini sangat berkembang dengan pesat
mengikuti perkembangan media online. Penggunaan media sosial dalam
pemasaran sudah merambah ke semua bidang, termasuk pada bidang bioskop
seperti yang dilakukan oleh bioskop Sonobudoyo Yogyakarta. Penggunaan
media sosial dilakukan sebagai sarana media pemasaran juga dapat digunakan
untuk memelihara hubungan dengan pengunjung. Tujuan penelitian ini adalah
mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran dengan menggunakan media
sosial Instagram pada bioskop Sonobudoyo Yogyakarta. Metode penelitian ini
deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara
mendalam, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan pada koordinator
bioskop Sonobudoyo, kepada manajer operasional dan kepada bagian media
sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media sosial oleh
bioskop Sonobudoyo dilakukan dengan menggunakan Instagram cukup efektif
untuk meningkatkan jumlah kunjungan. Strategi komunikasi pemasaran yang
digunakan melalui Instagram dilakukan dengan cara Social Sharing (saling
berbagi), Rating (peringkat), Reviewing (Ulasan), Connecting (Terhubung),
Collaborating (Kolaborasi). Kelebihan penggunaan media sosial Instagram
dalam pemasaran bagi bioskop Sonobudoyo adalah biaya pemasaran yang sangat
murah, dapat menjangkau segmen pasar yanng sangat luas dan tidak terbatas
waktu, dapat mengkonversi pengunjung menjadi pengunjung tetap, sarana
penghubung dengan pengunjung yang interaktif. Satu-satunya kekurangan
media sosial Instagram dalam pemasaran di bioskop Sonobudoyo adalah keluhan
pengunjung yang terbuka dan sulit dikendalikan.
Kata Kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, Media Sosial, bioskop Sonobudoyo
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Komunikasi Pemasaran, Media Sosial, bioskop Sonobudoyo |
Subjects: | H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | A.Md Apriliani Kusuma Wardhani |
Date Deposited: | 29 Dec 2022 06:56 |
Last Modified: | 29 Dec 2022 06:56 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/32110 |
Actions (login required)
View Item |