STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN BIOSKOP SONOBUDOYO YOGYAKARTA DENGAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH KUNJUNGAN

PRASANTO, RIETFA ANGGA (2022) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN BIOSKOP SONOBUDOYO YOGYAKARTA DENGAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH KUNJUNGAN. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (500kB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Strategi komunikasi pemasaran saat ini sangat berkembang dengan pesat
mengikuti perkembangan media online. Penggunaan media sosial dalam
pemasaran sudah merambah ke semua bidang, termasuk pada bidang bioskop
seperti yang dilakukan oleh bioskop Sonobudoyo Yogyakarta. Penggunaan
media sosial dilakukan sebagai sarana media pemasaran juga dapat digunakan
untuk memelihara hubungan dengan pengunjung. Tujuan penelitian ini adalah
mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran dengan menggunakan media
sosial Instagram pada bioskop Sonobudoyo Yogyakarta. Metode penelitian ini
deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara
mendalam, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan pada koordinator
bioskop Sonobudoyo, kepada manajer operasional dan kepada bagian media
sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media sosial oleh
bioskop Sonobudoyo dilakukan dengan menggunakan Instagram cukup efektif
untuk meningkatkan jumlah kunjungan. Strategi komunikasi pemasaran yang
digunakan melalui Instagram dilakukan dengan cara Social Sharing (saling
berbagi), Rating (peringkat), Reviewing (Ulasan), Connecting (Terhubung),
Collaborating (Kolaborasi). Kelebihan penggunaan media sosial Instagram
dalam pemasaran bagi bioskop Sonobudoyo adalah biaya pemasaran yang sangat
murah, dapat menjangkau segmen pasar yanng sangat luas dan tidak terbatas
waktu, dapat mengkonversi pengunjung menjadi pengunjung tetap, sarana
penghubung dengan pengunjung yang interaktif. Satu-satunya kekurangan
media sosial Instagram dalam pemasaran di bioskop Sonobudoyo adalah keluhan
pengunjung yang terbuka dan sulit dikendalikan.
Kata Kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, Media Sosial, bioskop Sonobudoyo

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi Pemasaran, Media Sosial, bioskop Sonobudoyo
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: A.Md Apriliani Kusuma Wardhani
Date Deposited: 29 Dec 2022 06:56
Last Modified: 29 Dec 2022 06:56
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/32110

Actions (login required)

View Item View Item