ANALISIS SENTIMEN ULASAN PRODUK KECANTIKAN PADA WEBSITE SOCIOLLA MENGGUNAKAN NAÏVE BAYES CLASSIFIER

Indriani, Novita (2022) ANALISIS SENTIMEN ULASAN PRODUK KECANTIKAN PADA WEBSITE SOCIOLLA MENGGUNAKAN NAÏVE BAYES CLASSIFIER. Other thesis, UPN 'Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf

Download (871kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL_NOVITA INDRIANI_123150115.pdf] Text
SKRIPSI FULL_NOVITA INDRIANI_123150115.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (232kB)

Abstract

Produk kecantikan telah menjadi salah satu hal yang tidak bisa lepas dari kaum
wanita bahkan menjadi suatu kebutuhan dasar untuk merawat, mempercantik dan
menunjang penampilan seseorang. Semakin banyaknya platform e-commerce yang
menyediakan ulasan atau review produk semakin meningkat pula selektivitas konsumen
dalam memilih produk. Ulasan suatu produk kecantikan dapat membantu konsumen untuk
mengetahui kualitas produk yang ingin digunakan. Namun, dengan banyaknya jumlah
ulasan yang tersedia tidak memungkinkan untuk membaca detail satu persatu review
karena dapat memakan waktu.
Penelitian ini dapat membantu konsumen untuk mengetahui makna sentimen dari
ulasan produk dengan melakukan analisis sentimen. Analisis sentimen terdiri dari dua
kelas yaitu kelas positif dan kelas negatif. Tahapan analisis sentimen pada penelitian ini
dimulai dengan pengumpulan data ulasan yang dilakukan secara manual dari website
sociolla, kemudian pelabelan data ulasan berdasarkan rating menjadi dua kelas yaitu kelas
positif dan kelas negatif, rating 1-2 untuk kelas negatif dan rating 4-5 untuk kelas positif.
Selanjutnya data akan dilakukan prepocessing, kemudian tahap ekstraksi fitur dengan TF�IDF, kemudian pemodelan dengan metode Naïve Bayes Classifier. Model yang sudah
dibangun akan dilakukan pengujian terhadap data test dengan tabel confusion matrix. Dari
tabel confusion matrix akan diperoleh nilai akurasi, presisi dan recall.
Hasil dari pengujian yang menggunakan 200 data ulasan dengan perbandingan data
training dan data uji sebesar 90% : 10 % dimana untuk data training 180 data dan data
testing 20 data, hasil pengujian dari 10 data ulasan negatif terklasifikasi 9 data dinyatakan
negatif sesuai prediksi. Dan 1 data diprediksi negatif tetapi hasilnya positif, begitu dengan
10 data positif terklasifikasi 7 sesuai prediksi dan 3 data diprediksi positif tetapi hasilnya
negatif. Dengan confusion matrix mendapatkan hasil akurasi yang cukup baik yaitu sebesar
80%, presisi 80% dan recall 81,25%.
Kata kunci: Analisis Sentimen, Review, TF-IDF, Naïve Bayes , Confusion Matrix

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Analisis Sentimen, Review, TF-IDF, Naïve Bayes , Confusion Matrix
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 27 Dec 2022 03:21
Last Modified: 27 Dec 2022 03:21
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/32063

Actions (login required)

View Item View Item