ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS WEBSITE E-LEARNING MENGGUNAKAN WEBQUAL 4.0 MODIFIKASI DAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) (STUDI KASUS: SPADA WIMAYA UPN “VETERAN” YOGYAKARTA

Fadhlurrahman, Muhammad Rafi (2021) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS WEBSITE E-LEARNING MENGGUNAKAN WEBQUAL 4.0 MODIFIKASI DAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) (STUDI KASUS: SPADA WIMAYA UPN “VETERAN” YOGYAKARTA. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of (0) Full Text_124170005_Muhammad Rafi Fadhlurrahman.pdf] Text
(0) Full Text_124170005_Muhammad Rafi Fadhlurrahman.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of (1) Cover_124170005_Muhammad Rafi Fadhlurrahman.pdf] Text
(1) Cover_124170005_Muhammad Rafi Fadhlurrahman.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of (2) Abstrak_124170005_Muhammad Rafi Fadhlurrahman.pdf] Text
(2) Abstrak_124170005_Muhammad Rafi Fadhlurrahman.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of (2) Abstrak_124170005_Muhammad Rafi Fadhlurrahman.pdf] Text
(2) Abstrak_124170005_Muhammad Rafi Fadhlurrahman.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of (3) Lembar Pembimbing.pdf] Text
(3) Lembar Pembimbing.pdf

Download (495kB)
[thumbnail of (4) Lembar Penguji.pdf] Text
(4) Lembar Penguji.pdf

Download (527kB)
[thumbnail of (6) DAFTAR PUSTAKA_124170005_Muhammad Rafi Fadhlurrahman.pdf] Text
(6) DAFTAR PUSTAKA_124170005_Muhammad Rafi Fadhlurrahman.pdf

Download (74kB)

Abstract

Salah satu pemanfaatan dari teknologi informasi dalam revolusi industri 4.0 adalah
sebuah website. Website memiliki beberapa jenis dan salah satunya adalah e-learning. Salah
satu instansi yang menggunakan teknologi informasi berupa website berupa e-learning
adalah instansi pendidikan perguruan tinggi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”
Yogyakarta. Website e-learning UPN “Veteran” Yogyakarta yang dipakai dalam belajar
mengajar oleh para mahasiswa dan dosen adalah website E-Learning UPN “Veteran”
Yogyakarta (http://learning.upnyk.ac.id/) digunakan sebelum tahun ajaran 2020/2021 dan
beralih menggunakan website e-Learning SPADA WIMAYA UPN “Veteran” Yogyakarta.
Website tersebut dapat diakses melalui browser dengan alamat https://spada.upnyk.ac.id/.
Sejak website ini diimplementasikan belum adanya tinjauan tingkat kualitas website
berdasarkan pengguna.
Penelitian terhadap kualitas website e-learning SPADA WIMAYA yang diukur
menggunakan model Webqual 4.0 modifikasi dengan variabel information quality,
interaction service quality, visual quality, dan usability quality. Analisis yang dilakukan
menggunakan tingkat kesenjanan (gap analysis) untuk mengetahui kesenjangan atau gap
antar performance dan importance pada website. Kemudian melakukan anlisis dengan
metode Importance Performance Analysis (IPA) untuk mengetahui prioritas perbaikan
sesuai dengan harapan pengguna. Data yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 207
responden terdiri dari mahasiswa aktif UPN “Veteran” Yogyakarta angkatan 2017 sampai
2021.
Hasil penelitian dari gap analysis menunjukkan bahwa Website SPADA WIMAYA
UPN “Veteran” Yogyakarta memiliki nilai selisih -0.19 yang menyatakan bahwa Website
SPADA WIMAYA UPN “Veteran” Yogyakarta masih belum memnuhi kepuasan pengguna
yaitu mahasiswa UPN “Veteran” Yogyakarta. Sedangkan hasil dari importance performance
analysis (IPA) menunjukkan ada 2 indikator yang harus ditingkatkan performance atau
kinerjanya agar sesuai dengan harapan mahasiswa UPN “Veteran” Yogyakarta.
Kata Kunci : Kualitas Website, Webqual 4.0 Modifikasi, Importance Performance
Analysis, Gap Analysis, Information Quality, Interaction Service Quality,
Visual Quality, Usability Quality

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Website, Webqual 4.0 Modifikasi, Importance Performance Analysis, Gap Analysis, Information Quality, Interaction Service Quality, Visual Quality, Usability Quality
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 12 Dec 2022 08:02
Last Modified: 12 Dec 2022 08:02
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/31871

Actions (login required)

View Item View Item