MELISA, KEZIA (2022) ANALISIS USER EXPERIENCE TERHADAP APLIKASI DELIVERY MAKANAN MENGGUNAKAN METODE PENDEKATAN USER CENTERED DESIGN (UCD). Other thesis, UPN 'Veteran" Yogyakarta.
Text
(5) Daftar Isi_124170037_Kezia Melisa.pdf Download (90kB) |
|
Text
(6) Daftar Pustaka_124170037_Kezia Melisa.pdf Download (204kB) |
|
Text
(1) FullText TA_124170037_Kezia Melisa.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text
(2) Cover_124170037_Kezia Melisa.pdf Download (161kB) |
|
Text
(4) Lembar Pengesahan_124170037_Kezia Melisa.pdf Download (213kB) |
|
Text
(3) Abstrak_124170037_Kezia Melisa.pdf Download (138kB) |
Abstract
Online Food Delivery diciptakan melalui berbagai platform yang salah satunya
adalah aplikasi. Salah satu aplikasi online food delivery yang akan diteliti adalah aplikasi
Pizza Hut. Suatu aplikasi harus memudahkan pengguna dan mendapatkan pengalaman
pengguna yang baik (Ahsyar et al., 2020). Metode User Centered Design (UCD) merupakan
istilah untuk mendeskripsikan proses desain dimana end-users memengaruhi bagaimana
sebuah desain terbentuk (Abras et al., 2004).
Penelitian ini melakukan analisis user experience dan merekomendasikan desain
interface aplikasi Pizza Hut yang baru dengan menerapkan metode UCD. Data yang
digunakan dalam penelitian menggunakan data primer yang diperoleh dari jawaban 338
pengguna aplikasi Pizza Hut sebagai responden dalam kuisioner yang disebarkan. Hasil
kuisioner diolah menggunakan penilaian User Experience Questionnaire (UEQ) untuk uji
deskriptif data, uji reliabilitas, dan uji penilaian UEQ melalui UEQ Data Analysis Tool.
Setelah data diolah, masuk kedalam proses UCD yaitu analisis kebutuhan (specify the
context of use dan specify user requirements) berdasarkan hasil penilaian UEQ, produce
design solution untuk merancang interface baru, dan evaluate the design untuk mengevaluasi
kembali desain interface baru apakah desain interface baru lebih baik.
Dari hasil analisis UEQ, evaluasi penilaian keseluruhan aspek yakni daya tarik
(attractiveness), kejelasan (perspicuity), efisiensi (efficiency), ketepatan (dependability),
stimulasi (stimulation), dan kebaruan (novelty) mendapatkan nilai bad yang artinya dibawah
rata-rata tolok ukur penilaian produk lain yang menggunaakn penilaian UEQ. Oleh karena
itu, diadakan perbaikan pada desain interface aplikasi Pizza Hut dengan berpusat pada
pengguna yakni metode UCD. Perancangan desain interface baru menggunakan UCD
mendapat peningkatan nilai pengalaman pengguna dengan baik. Evaluasi desain baru
menghasilkan peningkatan pada hampir seluruh aspek UEQ. Berdasarkan penelitian
terdahulu, penelitian ini memliki karakteristik yang cukup berbeda dari segi tahapan
penelitian, model penilaian kuisioner, dan studi kasus. Namun, tetap menggunakan metode
UCD sebagai metode perancangan desain interface
Kata Kunci: User Centered Design, Aplikasi Makanan, Aplikasi Pizza Hut, Rekomendasi
Interface Baru, User Experience, User Experience Questionnaire
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | User Centered Design, Aplikasi Makanan, Aplikasi Pizza Hut, Rekomendasi Interface Baru, User Experience, User Experience Questionnaire |
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 07 Dec 2022 06:04 |
Last Modified: | 07 Dec 2022 06:05 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/31837 |
Actions (login required)
View Item |