APLIKASI PENGELOLAAN SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR

WIDARYADI, ARWAN (2022) APLIKASI PENGELOLAAN SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR. Other thesis, UPN 'Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak TA_123180202_ARWAN WIDARYADI.pdf] Text
Abstrak TA_123180202_ARWAN WIDARYADI.pdf

Download (290kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka TA_123180202_ARWAN WIDARYADI.pdf] Text
Daftar Pustaka TA_123180202_ARWAN WIDARYADI.pdf

Download (318kB)
[thumbnail of Cover TA_123180202_ARWAN WIDARYADI.pdf] Text
Cover TA_123180202_ARWAN WIDARYADI.pdf

Download (388kB)
[thumbnail of Daftar Isi TA_123180202_ARWAN WIDARYADI.pdf] Text
Daftar Isi TA_123180202_ARWAN WIDARYADI.pdf

Download (302kB)
[thumbnail of Fulltex TA_123180202_ARWAN WIDARYADI.pdf] Text
Fulltex TA_123180202_ARWAN WIDARYADI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of Pengesahan Pembimbing TA_123180202_ARWAN WIDARYADI.pdf] Text
Pengesahan Pembimbing TA_123180202_ARWAN WIDARYADI.pdf

Download (401kB)

Abstract

xv
Abstrak
Surat adalah media dalam berkomunikasi dan sebagai bukti atas suatu kejadian
peristiwa. Kendala yang tejadi saat menggunakan surat dalam bentuk fisik adalah
pengelolaan yang ekstra baik agar surat tidak mudah hilang maupun rusak. Permasalahan
yang dihadapi oleh Dinas Sosial DIY dalam hal persuratan ini yaitu banyaknya
penggunaan kertas dalam pengelolaan surat/arsip ini,begitu juga dalam penulisan laporan
pengelola harus menghitung satu per satu surat masuk dan surat keluar dalam setiap
bulannya.
Tujuan dibuatnya sistem informasi pengelolaan surat masuk dan surat keluar di
Dinas Sosial DIY yaitu dapat mengelola data baik surat masuk dan surat keluar surat agar
teroganisir dan dapat membantu petugas dalam pembuatan laporan. Perancangan Sistem
Informasi Pengelolaan Surat Masuk dan Surat Keluar menggunakan metode UML
(Unified Modelling Language) yaitu dengan use case diagram dan activity
diagram.Perancangan Aplikasi Pengelolaan Surat Masuk dan Surat Keluar berbasis
website dilakukan menggunakan bahasa pemograman PHP dan basis data MySQL.
Berdasarkan hasil implementasi dan pengujian, sistem ini telah berjalan sesuai
dengan yang dibutuhkan oleh Dinas Sosial DIY dalam mengelola surat masuk dan surat
keluar. Pengujian yang digunakan adalah dengan pengujian blackbox dan wawancara.
Pengujian blackbox adalah pengujian untuk menguji fungsionalitas sistem yang
dilakukan oleh pihak pengembang sistem. Wawancara dilakukan kepada dua orang
pegawai di Kantor Dinas Sosial DIY pada bagian Subbag Umum & Petugas pengelola
kearsipan.Pada pengujian blacbox diperoleh hasil dengan persentase keberhasilan sebesar
100%, sedangkan hasil wawancara dengan pegawai Dinas Sosial DIY dapat disimpulkan
bahwa sistem yang dibangun sesuai dengan proses yang ada.
Kata kunci: Perancangan Aplikasi Pengelolaan Surat, Dinas Sosial DIY, Surat
Masuk, Surat Keluar, Disposisi Surat.
xvi
Abstract
Letters are a medium of communication and as evidence of an event. The obstacle
that occurs when using letters in physical form is extra good management so that letters
are not easily lost or damaged. The problem faced by the DIY Social Service in terms of
this correspondence is the large amount of paper used in managing this letter/archive, as
well as in writing reports, the manager must count incoming and outgoing letters one by
one every month.
The purpose of making an information system for managing incoming and outgoing
letters at the DIY Social Service is to be able to manage data both incoming and outgoing
letters so that they are organized and can assist officers in making reports. The design of
the Incoming and Outgoing Mail Management Information System uses the UML
(Unified Modeling Language) method, namely use case diagrams and activity diagrams.
The implementation of the website-based Incoming and Outgoing Mail Management
Information System is carried out using the PHP programming language and MySQL
database.
Based on the results of implementation and testing, this system has been running as
required by the DIY Social Service Office in managing incoming and outgoing letters.
Tests used are blackbox testing and interviews. Blackbox testing is a test to test the
functionality of the system carried out by the system developer. Interviews were
conducted with two employees at the DIY Social Service Office in the General
Subdivision & Archives Management Officer. In the blackbox test, the results obtained
with a success percentage of 100%, while the results of interviews with DIY Social
Service employees can be concluded that the system built is in accordance with the
process used. there is.
Keywords: Mail Management Information System, DIY Social Service, Incoming Mail,
Letters Exit, Letter Disposition.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Mail Management Information System, DIY Social Service, Incoming Mail, Letters Exit, Letter Disposition.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 16 Nov 2022 02:40
Last Modified: 16 Nov 2022 02:40
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/31622

Actions (login required)

View Item View Item