ANALISIS PENDAPATAN PEDAGANG DI PASAR WEDI KLATEN SEBELUM DAN SESUDAH ADANYA TOKO MODERN BERJEJARING

Nopianti, Risma (2022) ANALISIS PENDAPATAN PEDAGANG DI PASAR WEDI KLATEN SEBELUM DAN SESUDAH ADANYA TOKO MODERN BERJEJARING. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.PDF] Text
ABSTRAK.PDF

Download (115kB)
[thumbnail of COVER.PDF] Text
COVER.PDF

Download (932kB)
[thumbnail of DAFTAR_ISI__2_.PDF] Text
DAFTAR_ISI__2_.PDF

Download (205kB)
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA__2_.PDF] Text
DAFTAR_PUSTAKA__2_.PDF

Download (87kB)
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA__2_.PDF] Text
DAFTAR_PUSTAKA__2_.PDF

Download (87kB)
[thumbnail of LEMBAR_PENGESAHAN_RISMA.PDF] Text
LEMBAR_PENGESAHAN_RISMA.PDF

Download (317kB)
[thumbnail of LEMBAR_PENGESAHAN_RISMA.PDF] Text
LEMBAR_PENGESAHAN_RISMA.PDF

Download (317kB)
[thumbnail of SKRIPSI_FULL_RISMA_NOPIANTI.PDF] Text
SKRIPSI_FULL_RISMA_NOPIANTI.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui perbedaan rata-rata
pendapatan dan jumlah pembeli di Pasar Wedi Klaten sebelum dan sesudah
adanya toko modern berjejaring, 2) mengetahui hubungan antara karakteristik
responden dengan rata-rata pendapatan dan jumlah pembeli, 3) mengetahui
persepsi pedagang mengenai keberadaan toko modern berjejaring. Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh
pedagang Pasar Wedi Klaten sebanyak 715 pedagang. Teknik pengambilan
sampel yang digunakan adalah stratified random sampling. Dengan dasar
pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin diperoleh jumlah sampel
berjumlah 88 pedagang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan metode survey dan angket kuesioner. Metode analisis yang
digunakan adalah uji Wilcoxon, tabulasi silang, dan deskriptif persentase. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata pendapatan dan
jumlah pembeli sebelum dan sesudah adanya toko modern berjejaring. Pendapatan
pedagang menurun sebesar 22,2% dan jumlah pembeli mengalami penurunan
sebesar 17,6%. Usia responden, tingkat pendidikan dan jenis kelamin tidak
memiliki hubungan dengan rata-rata pendapatan dan jumlah pembeli, sedangkan
jenis dagangan memiliki hubungan dengan rata-rata pendapatan dan jumlah
pembeli. Persepsi pedagang mengenai keberadaan toko modern berjejaring
memang dirasakan hal negatifnya oleh para pedagang sebanyak 79,5%.
Kata Kunci: Pendapatan, Jumlah Pembeli, Pedagang, Toko Modern Berjejaring

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan, Jumlah Pembeli, Pedagang, Toko Modern Berjejaring
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 31 Oct 2022 04:51
Last Modified: 31 Oct 2022 04:51
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/31520

Actions (login required)

View Item View Item