STRATEGI KOMUNIKASI PADA MANAJEMEN BARU PT. PERSIS SOLO SAESTU DALAM MENINGKATKAN CITRA DI MATA SUPORTER PERSIS SOLO

Aji, Haris Nur Wijayanto (2022) STRATEGI KOMUNIKASI PADA MANAJEMEN BARU PT. PERSIS SOLO SAESTU DALAM MENINGKATKAN CITRA DI MATA SUPORTER PERSIS SOLO. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of SKRIPSI HARIS NUR WIJAYANTO AJI (153170138) (1)(1) - Copy.pdf] Text
SKRIPSI HARIS NUR WIJAYANTO AJI (153170138) (1)(1) - Copy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of ABSTRAK (2).pdf] Text
ABSTRAK (2).pdf

Download (32kB)
[thumbnail of Cover (2).pdf] Text
Cover (2).pdf

Download (94kB)
[thumbnail of Daftar Isi (4).pdf] Text
Daftar Isi (4).pdf

Download (236kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka (4).pdf] Text
Daftar Pustaka (4).pdf

Download (32kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan (3).pdf] Text
Lembar Pengesahan (3).pdf

Download (262kB)

Abstract

PT. Persis Solo Saestu bergerak pada bidang manjemen klub sepakbola profesional.
Berbagai permasalahan yang terjadi didalam tubuh PT. Persis Solo Saestu di era
kepengurusan sebelumnya menjadikan citra PT. Persis Solo Saestu berubah di mata
suporter Persis Solo. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui strategi komunikasi yang
diterapkan oleh manajemen baru PT. Persis Solo Saestu untuk meningkatkan citra
manajemen baru di mata suporter Persis Solo. Penelitian ini merupakan penelitian
kualitatif deskriptif dengan mengumpulkan data melalui studi pustaka, wawacara serta
dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori perencanaan
komunikasi dengan menggunakan model perencanaan komunikasi Philip Lesly. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa perencanaan strategi komunikasi yang telah dirancang
oleh manajemen baru PT. Persis Solo Saestu yaitu dengan melakukan riset
permasalahan dan persepsi publik, melakukan rapat manajemen secara rutin,
melakukan branding di media sosial, membuka ruang diskusi dengan suporter dan
melakukan kegiatan kehumasan. Strategi yang telah dirancang diimplementasikan oleh
manajemen melalui beberapa kegiatan dan terbukti dapat berhasil meningkatkan citra
manajemen PT. Persis Solo Saestu di mata suporter Persis Solo.
Kata kunci: Strategi Komunikasi, Citra, Organisasi Olahraga, Suporter

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Citra, Organisasi Olahraga, Suporter
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 31 Oct 2022 04:02
Last Modified: 31 Oct 2022 04:02
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/31517

Actions (login required)

View Item View Item