PERSEPSI FOLLOWERS @PANDEMICTALKS TERHADAP AKUN INSTAGRAM PANDEMICTALKS SEBAGAI MEDIA INFORMASI COVID-19

Sururi, Habib Majid (2022) PERSEPSI FOLLOWERS @PANDEMICTALKS TERHADAP AKUN INSTAGRAM PANDEMICTALKS SEBAGAI MEDIA INFORMASI COVID-19. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak (1).pdf] Text
Abstrak (1).pdf

Download (29kB)
[thumbnail of COVER__1_.PDF] Text
COVER__1_.PDF

Download (136kB)
[thumbnail of DAFTAR_ISI__3_.PDF] Text
DAFTAR_ISI__3_.PDF

Download (37kB)
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA__3_.PDF] Text
DAFTAR_PUSTAKA__3_.PDF

Download (285kB)
[thumbnail of LEMBAR_PENGESAHAN__1_.PDF] Text
LEMBAR_PENGESAHAN__1_.PDF

Download (52kB)
[thumbnail of SKRIPSI_HABIB_MAJID_SURURI_.PDF] Text
SKRIPSI_HABIB_MAJID_SURURI_.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pandemi COVID-19 pertama kali muncul di Wuhan akhir tahun 2019. COVID-19 adalah
virus baru yang menyerang sistem pernafasan manusia. Pandemictalks hadir untuk
mengisi gap informasi antara pemerintah dan masyarakat. Pandemictalks memanfaatkan
media sosial Instagram untuk menyebarkan informasi mengenai Covid-19 dalam bentuk
informatif, edukatif dan kritik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan
mendeskripsikan bagaimana persepsi followers terhadap informasi yang dirangkum akun
Instagram Pandemictalks sebagai media informasi Pandemi COVID-19 dan faktor-faktor
yang mempengaruhinya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori
perbedaan individu. Data diperoleh dengan wawancara dan studi pustaka. Data dianalisis
dengan reduksi data hingga penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan
bahwa Persepsi yang dimiliki informan terhadap informasi yang disampaikan
Pandemictalks seluruhnya ditanggapi dengan persepsi positif yaitu bahwa para informan
menilai baik dan mempercayai informasi yang disampaikan Pandemictalks, informan
juga memberikan respon positif terhadap pesan yang disampaikan oleh Pandemictalks,
yaitu dengan membagikan ulang informasi yang diperolehnya. Teori perbedaan individu
dalam penelitian ini ditunjukkan dengan adanya respon yang berbeda terhadap pesan
yang disampaikan oleh Pandemictalks. Dalam penelitian ini faktor internal lebih
mempengaruhi perepsi followers karena kondisi pandemi yang mengakibatkan
narasumber lebih membutuhkan informasi COVID-19 yang terjadi.
Kata kunci: Pandemi, Persepsi, Instagram

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pandemi, Persepsi, Instagram
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 31 Oct 2022 03:28
Last Modified: 31 Oct 2022 03:29
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/31516

Actions (login required)

View Item View Item