POLA KOMUNIKASI ORGANISASI KOPIKIR YOGYAKARTA PADA MASA PANDEMI (Komunikasi Organisasi untuk Membangun Komunikasi Efektif antara Pimpinan dan Karyawan)

Malau, Erni Sagita (2022) POLA KOMUNIKASI ORGANISASI KOPIKIR YOGYAKARTA PADA MASA PANDEMI (Komunikasi Organisasi untuk Membangun Komunikasi Efektif antara Pimpinan dan Karyawan). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK_153160189_ERNI SAGITA MALAU.pdf] Text
ABSTRAK_153160189_ERNI SAGITA MALAU.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of COVER_153160189_ERNI SAGITA MALAU.pdf] Text
COVER_153160189_ERNI SAGITA MALAU.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of Daftar Isi_153160189_ERNI SAGITA MALAU.pdf] Text
Daftar Isi_153160189_ERNI SAGITA MALAU.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_153160189_ERNI SAGITA MALAU.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_153160189_ERNI SAGITA MALAU.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN_153160189_ERNI SAGITA MALAU.pdf] Text
HALAMAN PENGESAHAN_153160189_ERNI SAGITA MALAU.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL_153160189_ERNI SAGITA MALAU.pdf] Text
SKRIPSI FULL_153160189_ERNI SAGITA MALAU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi organisasi antara
pimpinan dan karyawan dalam membangun komunikasi efektif sebelum dan selama
pandemi covid-19 di Café Kopikir YK dan mengetahui faktor-faktor yang
menghambat dan mendukung pola komunikasi organisasi yang efektif antara
pimpinan dan karyawan di Café Kopikir YK.. Konsep dalam penelitian ini adalah
pola komunikasi dan komunikasi efektif. Penelitian ini merupakan penelitian
kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan cara
observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa
interaksi komunikasi Kopikir Yogyakarta tidak terlihat berbeda baik sebelum
pandemi maupun selama pandemi. Proses komunikasi terhadap pimpinan Kopikir
Yk bersifat dua arah dan pola komunikasi yang terjadi antara pimpinan dan
karyawan yaitu dengan menggunakan pola Y, dimana karyawan yang ingin
mengirimkan pesan harus melalui koordinator karyawan dan koordinator karyawan
harus menyampaikan kepada owner. Pola komunikasi yang diterapkan Kopikir Yk
mampu membangun komunikasi yang efektif antara karyawan dan pimpinan.
Efektivitas komunikasi. Sedangkan komunikasi dari koordinator karyawan kepada
karyawan yang terjadi adalah pola komunikasi roda, dimana koordinator karyawan
dapat berkomunikasi ataupun menyampaikan pesan kepada semua karyawaan.
Faktor pendukung dan penghambat dalam efektivitas pola komunikasi di Kopikir
Yk adalah faktor pendukungnya adanya fasilitas media sosial dalam
berkomunikasi, sedangkan fakor penghambat adalah adakalanya terjadi
kesalahpahaman (misscommunication) antara karyawan dan pimpinan karena pesan
yang disampaikan melalui koordinator karyawan kepada pimpinan terkadang tidak
tersampaikan dengan baik
Kata kunci : Pola komunikasi, efektivitas komunikasi, coffe shop

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pola komunikasi, efektivitas komunikasi, coffe shop
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: A.Md Sepfriend Ayu Kelana Giri
Date Deposited: 06 Oct 2022 07:37
Last Modified: 06 Oct 2022 07:37
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/31330

Actions (login required)

View Item View Item