STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN GRUP MUSIK SKANDAL DALAM PROMOSI LAGU "RACAU" DI MASA PANDEMI COVID-19

VRADANA, RESYA ARVA (2022) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN GRUP MUSIK SKANDAL DALAM PROMOSI LAGU "RACAU" DI MASA PANDEMI COVID-19. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1. Skripsi Full_153170044_Resya Arva Vradana.pdf] Text
1. Skripsi Full_153170044_Resya Arva Vradana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2. Cover_153170044_Resya Arva Vradana.pdf] Text
2. Cover_153170044_Resya Arva Vradana.pdf

Download (362kB)
[thumbnail of 3. Abstrak_153170044_Resya Arva Vradana.pdf] Text
3. Abstrak_153170044_Resya Arva Vradana.pdf

Download (75kB)
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan_153170044_Resya Arva Vradana.pdf] Text
4. Lembar Pengesahan_153170044_Resya Arva Vradana.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi_153170044_Resya Arva Vradana.pdf] Text
5. Daftar Isi_153170044_Resya Arva Vradana.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_153170044_Resya Arva Vradana.pdf] Text
6. Daftar Pustaka_153170044_Resya Arva Vradana.pdf

Download (34kB)

Abstract

Pandemi covid-19 yang melanda seluruh dunia mengakibatkan banyak kekacauan.
Tak terkecuali di dunia bisnis atau pemasaran. Seluruh bidang merasakan imbas,
mulai dari pendidikan hingga musik. Penetapan strategi komunikasi pemasaran
yang sesuai sangat dibutuhkan, terlebih dengan new media yang semakin
berkembang dan dapat mendukung komunikasi pemasaran. Rumusan masalah
dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi komunikasi pemasaran grup musik
Skandal dalam melakukan promosi single ‘Racau’ di masa pandemi covid-19.
Tujuan penelitian ini ingin mendeskripsikan implementasi strategi komuniasi
pemasaran dari grup musik Skandal dan mengetahui bagaimana dampak covid-19
memengaruhi strategi komunikasi pemasaran tersebut. Penelitian ini menggunakan
teori bauran pemasaran atau marketing mix dan media baru dengan pendekatan
kualitatif deskriptif yang membahas lebih dalam mengenai fenomena. Hasil
penelitian menunjukkan Skandal Rock Band melakukan strategi komunikasi
pemasaran yang dirancang oleh mereka sendiri tanpa melibatkan pihak luar.
Fokusnya untuk menciptakan awareness, promosi karya, dan penjualan. Strategi
komunikasi pemasaran tersebut membuktikan bahwa penggunaan media baru di
saat pandemi covid-19 untuk komunikasi pemasaran memiliki peran penting.
Strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Skandal Rock Band dapat
dikatakan berhasil, lantaran Skandal mampu mencapai ketiganya dengan segala
keterbatasan sebagai grup musik. Kelebihan dari strategi komunkasi yang
digunakan ialah menggunakan pendekatan yang berbeda, seperti setiap karya yang
memiliki treatment berbeda untuk promosi dan menggunakan sisi kolaborasi
dengan ekosistem lain. Sedangkan kekurangan terletak pada pemasaran interaktif
menggunakan media digital.
Kata kunci: strategi komunikasi pemasaran, Skandal Rock Band, dampak
pandemi covid-19

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: strategi komunikasi pemasaran, Skandal Rock Band, dampak pandemi covid-19
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: A.Md Apriliani Kusuma Wardhani
Date Deposited: 03 Oct 2022 08:13
Last Modified: 03 Oct 2022 08:13
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/31218

Actions (login required)

View Item View Item