STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN JRNY COFFEE AND RECORDS DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN MELALUI INSTAGRAM SAAT PANDEMI

Wicaksono, Bimo Bagus (2022) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN JRNY COFFEE AND RECORDS DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN MELALUI INSTAGRAM SAAT PANDEMI. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK_153160052_BIMO BAGUS W.pdf] Text
ABSTRAK_153160052_BIMO BAGUS W.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of COVER_153160052_BIMO BAGUS W.pdf] Text
COVER_153160052_BIMO BAGUS W.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_153160052_BIMO BAGUS W.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_153160052_BIMO BAGUS W.pdf

Download (13kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN_153160052_BIMO BAGUS W.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN_153160052_BIMO BAGUS W.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULLTEXT_153160052_BIMO BAGUS W.pdf] Text
SKRIPSI FULLTEXT_153160052_BIMO BAGUS W.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of DAFTAR ISI_153160052_BIMO BAGUS W.pdf] Text
DAFTAR ISI_153160052_BIMO BAGUS W.pdf

Download (93kB)

Abstract

Pesatnya pertumbuhan kafe di Yogyakarta saat ini, menyebabkan meningkatnya
persaingan antar kafe. Situasi pandemi pada saat penelitian ini dilaksanakan
mendorong kafe-kafe tersebut untuk melakukan kegiatan pemasaran melalui media
yang dapat menjangkau konsumen secara luas, seperti Instagram. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang
dilakukan oleh salah satu kafe yang ada di Yogyakarta, yaitu JRNY Coffee And
Records. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah new media, the effects
of media on marketing communication, dan strategi komunikasi pemasaran.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data
dilakukan dengan cara melakukan observasi di lapangan dan wawancara secara
mendalam kepada pihak terkait. Hasil dari penelitian ini, JRNY Coffee And Records
telah melakukan seluruh tahapan-tahapan dari strategi komunikasi pemasaran.
Hanya saja pada tahap analisis pesaing, pihak JRNY tidak melakukan analisa
mendalam terhadap siapa pesaing kuat mereka. Kondisi pandemi yang berlangsung
pada saat penelitian ini dilakukan juga berdampak pada acara yang telah dan akan
diselenggarakan oleh JRNY Coffee And Records. Kendati mengalami penurunan
penjualan sekitar 50% pada tahun 2020, namun terjadi kenaikan penjualan di setiap
bulannya. Hal ini membuktikan bahwa kegiatan komunikasi pemasaran yang
dilakukan oleh JRNY Coffee And Records, terlaksana sesuai rencana dan dapat
dengan mudah diterima oleh konsumen maupun calon konsumen.
Kata Kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, JRNY Coffee And Records, Kafe,
Instagram, Media Sosial

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi Pemasaran, JRNY Coffee And Records, Kafe, Instagram, Media Sosial
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 30 Sep 2022 03:25
Last Modified: 30 Sep 2022 03:26
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/31175

Actions (login required)

View Item View Item