DIANTHEA, ANASTASIA SALSA (2022) STRATEGI SOCIAL MEDIA MARKETING CREATIVE HOUSE “6616” DALAM MEMBANGUN COSTUMER BRAND ENGAGEMENT UNIQLO INDONESIA (Studi Kasus Kampanye #RealSupport di Instagram). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Text
1. Skripsi Fulltext_153180075_Anastasia Salsa Dianthea.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) |
|
Text
2. Cover_153180075_Anastasia Salsa Dianthea.pdf Download (348kB) |
|
Text
3. Abstrak_153180075_Anastasia Salsa Dianthea.pdf Download (97kB) |
|
Text
4. Lembar Pengesahan_153180075_Anastasia Salsa Dianthea.pdf Download (763kB) |
|
Text
5. Daftar Isi_153180075_Anastasia Salsa Dianthea.pdf Download (112kB) |
|
Text
6. Daftar Pustaka_153180075_Anastasia Salsa Dianthea.pdf Download (115kB) |
Abstract
Strategi social media marketing semakin marak digunakan oleh berbagai
brand. Kegiatan ini mendorong perusahaan untuk meningkatkan ikatan emosional
antara brand dengan konsumennya. Maka dari itu, brand-brand mulai dari skala
lokal hingga internasional saling berkompetisi untuk melakukan strategi social
media marketing yang efektif dan inovatif. Melalui strategi social media marketing
tersebut, Uniqlo Indonesia menghadirkan sebuah gerakan kampanye #RealSupport
bersama Creative House 6616 dengan tujuan utama untuk mendapatkan customer
brand engagement yang sekaligus memenuhi key performance indicator
kampanye. Beberapa tujuan dalam penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui proses
penyusunan strategi social media marketing Creative House 6616 dalam
membangun costumer brand engagement Uniqlo Indonesia. 2) mengetahui bentuk
customer brand engagement pada kampanye #RealSupport Uniqlo Indonesia.
Penelitian ini menggunakan konsep The Social Media Strategy Wheel milik
Breakenridge, Teori Ekologi Media, dan konsep Customer Brand Engagement.
Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif dengan studi kasus melalui
proses observasi dan wawancara mendalam untuk mengumpulkan data. Penelitian
ini menemukan fakta bahwa Creative House 6616 melaksanakan strategi social
media marketing secara organik pada setiap prosesnya. Dengan memanfaatkan Key
Opinion Leader, Uniqlo dapat membangun engagement pada akun Instagram
Uniqlo. Tidak hanya berhasil mendapatkan engagement dengan capaian intention
to buy and use, intention to recomend, electronic word of mouth, dan loyalty
kampanye #RealSupport juga menjadi sebuah gerakan sosial untuk mendukung
para wanita di seluruh Indonesia. Keberhasilan kampanye juga dilihat dari
penggunakan tagar #RealSupport pada seluruh varian produk AIRism Uniqlo
walaupun kampanye sudah lama selesai.
Kata Kunci: Social Media Marketing, Customer Brand Engagement, Uniqlo
Indonesia, Kampanye #RealSupport, 6616 Creative House
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Social Media Marketing, Customer Brand Engagement, Uniqlo Indonesia, Kampanye #RealSupport, 6616 Creative House |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | A.Md Apriliani Kusuma Wardhani |
Date Deposited: | 30 Sep 2022 03:22 |
Last Modified: | 30 Sep 2022 03:22 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/31170 |
Actions (login required)
View Item |