Pitaloka, Ken Ayu (2022) PENGARUH PROMOSI PENJUALAN MELALUI DISKON DAN KUALITAS INFORMASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SHOPEE FOOD DI YOGYAKARTA. Other thesis, UPN 'Veteran" Yogyakarta.
Text
2__COVER_153180021_KEN_AYU_.PDF Download (113kB) |
|
Text
4__LEMBAR_PENGESAHAN_153180.PDF Download (134kB) |
|
Text
6__DAFTAR_PUSTAKA_153180021.PDF Download (148kB) |
|
Text
3__ABSTRAK_153180021_KEN_AY.PDF Download (13kB) |
|
Text
1__SKRIPSI_FULL_153180021_K.PDF Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR_ISI_KEN_AYU_PITALOKA.PDF Download (159kB) |
Abstract
ABSTRAK
Shopee Food merupakan salah satu layanan pesan antar makanan secara daring baru
yang sedang diminati di Indonesia. Berkurangnya intensitas promosi dan besarnya
diskon, dan ketidaklengkapan informasi produk ditakutkan dapat mempengaruhi
keputusan pembelian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah
terdapat pengaruh promosi penjualan melalui diskon dan kualitas informasi produk
terhadap keputusan pembelian Shopee Food. Penelitian ini menggunakan Teori
Kemungkinan Elaborasi, konsep yang digunakan promosi penjualan, kualitas
informasi produk dan keputusan pembelian. Metode penelitian yang digunakan
adalah metode kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner serta
analisis dengan SPSS. Pada penelitian ini peneliti menggunakan 3 variabel yaitu
variabel promosi penjualan melalui diskon sebagai variabel x1, kualitas informasi
produk sebagai variabel x2, dan keputusan pembelian sebagai variabel y. Hasil
penelitian terlihat dari analisis korelasi product moment dengan hasil koefisiensi
korelasi variabel x1 terhadap y sebesar 0,561 yang berarti terdapat hubungan yang
sedang. Hasil koefisiensi korelasi variabel x2 terhadap y sebesar 0,619 yang berarti
terdapat hubungan yang kuat. Kemudian pengaruh variabel x1 terhadap y sebesar
28,8%, pengaruh variabel x2 terhadap y sebesar 20,5% dan pengaruh simultan
49,4%. Hasil uji T dan uji F dalam analisis regresi linear berganda menjawab
hipotesis penelitian yaitu Ha1, Ha2, Ha3 diterma dan Ho1, Ho2, Ho3 ditolak. Hal
ini menunjukan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel
independen terhadap variabel dependen baik secara parsial maupun simultan. Teori
Kemungkinan Elaborasi teruji pada populasi konsumen Shopee Food di
Yogyakarta.
Kata Kunci: Promosi, Diskon, Kualitas informasi produk, Keputusan pembelian,
Shopee Food.
ABSTRACT
Shopee food is one of a new online food delivery service who have high demand in
Indonesia right now. The decrease of intensity promotion, amount of discount, and
incompleteness product information worried that it could affect buying decision
from customer. Purpose from this research is to know is there any effect for selling
promotion from discount and quality of product information toward Shopee Food
buying decision. This research use elaboration likelihood theory, concepts used in
sales promotion, product information quality, and purchasing decision. The
research method used quantitative method with data collection using questionnaire
and analysis on SPSS. On this research researchist using 3 variables, selling
promotion by discount as variable x1, quality of product information as variable
x2, and buying decision as variable y. Result of the research seen from correlation
product analysis moment with result of coefficient correlation variable x1 against
y is 0,561 which mean there is average relation. Result of coefficient correlation
variable x2 against y is 0,619 which mean there is strong relation. The effect of the
variable x1 on y is 28.8%, the effect of the variable x2 on y is 20.5% and the
simultaneous effect is 49.4%. The results of the T test and F test in multiple linear
regression analysis answered the research hypothesis, Ha1, Ha2, Ha3 were
accepted and Ho1, Ho2, Ho3 were rejected. This shows that there is a positive and
significant influence between the independent variables on the dependent variable,
either partially or simultaneously. The Elaboration Likelihood Theory was tested
on the Shopee Food consumer population in Yogyakarta.
Keyword: Promotion, Discount, Quality of product information, Buying decision,
Shopee Food.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 29 Sep 2022 06:23 |
Last Modified: | 29 Sep 2022 06:23 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/31160 |
Actions (login required)
View Item |