KAJIAN TEKNIS PRODUKSI ALAT GALI MUAT DAN ALAT ANGKUT PADA PROSES PENGUPASAN OVERBURDEN DI PIT B UTARA PT. PRIMA SARANA GEMILANG JOBSITE PT. PADA IDI, LUWE HULU, KALIMANTAN TENGAH

HAQ, AZIZUL (2022) KAJIAN TEKNIS PRODUKSI ALAT GALI MUAT DAN ALAT ANGKUT PADA PROSES PENGUPASAN OVERBURDEN DI PIT B UTARA PT. PRIMA SARANA GEMILANG JOBSITE PT. PADA IDI, LUWE HULU, KALIMANTAN TENGAH. Other thesis, UPN 'Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (75kB)
[thumbnail of Daftar Isi.pdf] Text
Daftar Isi.pdf

Download (8kB)
[thumbnail of Draft Skripsi.pdf] Text
Draft Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Halaman Pengesahan.pdf] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (332kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (11kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (162kB)

Abstract

v
RINGKASAN
PT. Prima Sarana Gemilang merupakan kontraktor dari PT. Pada Idi yang
bergerak di bidang pertambangan batubara. PT. Prima Sarana Gemilang
menetapkan terget produksi pengupasan lapisan tanah penutup sebesar 500.000
BCM dengan 3 fleet penambangan pada bulan Maret 2022. Produksi pada saat
dilakukannya penelitian belum memenuhi target produksi yang sudah ditetapkan
sehingga berdampak pada terlambatnya pengambilan batubara.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor penyebab target
produksi belum tercapai dan menentukan upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk
meningkatkan produksi di PT. Prima Sarana Gemilang. Berdasarkan perhitungan,
produksi alat gali muat saat ini belum mencapai target produksi yang telah
ditetapkan yaitu sebesar 469.304,7 BCM atau 93,9% dari target produksi, begitu
juga dengan produksi dari alat angkut belum memenuhi target produksi yaitu 93,7%
atau sebesar 468.287,7 BCM.
Berdasarkan hasil penelitian penyebab tidak tercapainya target produksi
adalah adanya beberapa segmen jalan angkut yang belum memenuhi standar
minimum geometri jalan sehingga menyebabkan tingginya waktu edar alat.
Berdasarkan perhitungan didapatkan waktu edar alat pada 3 fleet yaitu 21,9 detik,
22,8 detik, 22,4 detik pada alat gali muat dan 784,1 detik, 723,4 detik, dan 804,7
detik pada alat angkut. Selain itu, faktor penyebab tidak tercapainya target produksi
adalah kecilnya efisiensi kerja dari alat gali muat dan alat angkut yaitu rata-rata
sebesar 41,87%.
Upaya-upaya yang dilakukan untuk mencapai target produksi yaitu
melakukan perbaikan lebar jalan angkut untuk mengoptimalkan waktu edar alat dan
meningkatkan efisiensi kerja alat gali muat dan alat angkut. Dari hasil perhitungan
setelah perbaikan didapatkan produksi alat gali muat sebesar 519.934,1 BCM dan
alat angkut sebesar 519.076 BCM sehingga target produksi dapat tercapai.
vi
ABSTRACT
PT. Prima Sarana Gemilang is a contractor of PT. Pada Idi which is company
engaged in coal mining. PT. Prima Sarana Gemilang set the overburden stripping
production target of 500,000 BCM with 3 mining fleets in March 2022. Production
at the time of the research had not met the production target that had been set,
resulting in delays in coal exposed.
This study aims to analyze the factors causing the production target has not
been achieved and determine the efforts that can be made to increase production at
PT. Prima Sarana Gemilang. Based on calculations, the production of loader
equipment had not reached the set production target of 469.304,7 BCM or 93.9%
of the production target, as well as the production of hauler equipment had not met
the production target of 93.7% or 468.287,7 BCM.
Based on the results of the study, the cause of the failure to achieve the
production target was the existence of several haul road segments that did not meet
the minimum road geometry standards causing the equipment's cycle time to be
high. Based on the calculation, it was found that the equipment circulation time on
3 fleets were 22.9 seconds, 23.4 seconds, 22.9 seconds on the loader equipment and
784.1 seconds, 723.4 seocnds, 804.7 seconds on the hauler equipment. In addition,
the factor causing the production target not to be achieved was the low job
efficiency of the loader and hauler equipments, which was an average of 41.87%.
Efforts are being made to achieve the production target, namely improving
the width of the haul road to optimize the equipment cycle time and increase the job
efficiency of the loader and hauler equipment. Based on the calculation results after
the repair, it was found that the production of loader equipment was 519,934.1
BCM and hauler equipment of 519,076 BCM so the production target can be
achieved.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 28 Sep 2022 03:28
Last Modified: 28 Sep 2022 03:28
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/31108

Actions (login required)

View Item View Item