PENGARUH DESTINATION REPUTATION DAN DESTINATION ATTRIBUTE TERHADAP PERCEIVED TRUST DAN MEMORABLE TOURISM EXPERIENCE SERTA DAMPAKNYA PADA REVISIT INTENTION (Studi pada wisatawan yang telah berkunjung ke Pantai Parangtritis, Kab.Bantul. Daerah Istimewa Yogyakarta)

UTAMIROHMAHSARI, UTAMIROHMAHSARI (2022) PENGARUH DESTINATION REPUTATION DAN DESTINATION ATTRIBUTE TERHADAP PERCEIVED TRUST DAN MEMORABLE TOURISM EXPERIENCE SERTA DAMPAKNYA PADA REVISIT INTENTION (Studi pada wisatawan yang telah berkunjung ke Pantai Parangtritis, Kab.Bantul. Daerah Istimewa Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of Daftar Isi.pdf] Text
Daftar Isi.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan.pdf] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (313kB)
[thumbnail of Skripsi_Utamirohmahsari_152180058.pdf] Text
Skripsi_Utamirohmahsari_152180058.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Utamirohmahsari, Nomor Induk Mahasiswa 152180058, Jurusan Ilmu
Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas
Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, Judul penelitian “Pengaruh
Destination Reputation Dan Destination Attribute Terhadap Perceived Trust Dan
Memorable Tourism Experience Serta Dampaknya Pada Revisit Intention (Studi
pada wisatawan yang telah berkunjung ke Pantai Parangtritis, Kab.Bantul. Daerah
Istimewa Yogyakarta). Pembimbing I Eny Endah Pujiastuti dan Pembimbing II Ida
Susi Dewanti.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Destination Reputation Dan
Destination Attribute Terhadap Perceived Trust Dan Memorable Tourism
Experience Serta Dampaknya Pada Revisit Intention (Studi pada wisatawan yang
telah berkunjung ke Pantai Parangtritis, Kab.Bantul. Daerah Istimewa Yogyakarta).
Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan Pantai Parangtritis yang jumlahnya
tidak diketahui secara pasti. Penelitian ini menggunakan tipe explanatory dengan
menggunakan metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah wisatawan
yang sudah pernah berkunjung ke objek wisata Pantai Parangtritis. Ukuran sampel
dengan 188 responden didapatkan dari perhitungan rumus Machin dan Cambell.
Teknik sampling yang digunakan adalah nonprobality sampling. Teknik analisis
data menggunakan analisis statistik deskriptif dengan data tabel dan persentasi,
serta analisis statistik inferensial menggunakan SEM AMOS dan Uji Sobel.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel destination reputation
berpengaruh signifikan terhadap perceived trust, destination attribute berpengaruh
signifikan terhadap memorable tourism experience, perceived trust berpengaruh
signifikan terhadap memorable tourism experience, destination reputation
berpengaruh signifikan terhadap revisit intetion, destination attribute berpengaruh
signifikan terhadap revisit intention, perceived trust berpengaruh signifikan
terhadap revisit intention, memorable tourism experience berpengaruh signifikan
terhadap revisit intentiion. Destination reputation berpengaruh signifikan terhadap
revisit intention melalui perceived trust, destination attribute berpengaruh
signifikan terhadap revisit intention melalui memorable tourism experience,
perceived trust berpengaruh signifikan terhadap revisit intention melalui
memorable tourism experience. Berdasarkan hasil penelitian, objek wisata Pantai
Parangtritis harus dapat mempertahankan reputasi positif yang dimiliki destinasi
dan dapat menyediakan atribut destinasi yang memenuhi kebutuhan wisatawan agar
membuat wisatawan dapat memiliki rasa kepercayaan terhadap destinasi dan
mampu menciptakan pengalaman yang tidak terlupakan sehingga wisatawan
memiliki keinginan untuk kembali berkunjung ke Pantai Parangtritis di masa depan.
Kata Kunci : Destination Reputation, Destination Attribute, Perceived Trust,
Memorable Tourism Experience, Revisit Intention.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Destination Reputation, Destination Attribute, Perceived Trust, Memorable Tourism Experience, Revisit Intention.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: A.Md Apriliani Kusuma Wardhani
Date Deposited: 23 Sep 2022 04:34
Last Modified: 23 Sep 2022 04:34
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/31020

Actions (login required)

View Item View Item