ANALISIS TINGKAT LOYALITAS MEREK PADA PRODUK KOSMETIK (Studi Pengguna Kosmetik “Make Over” Pada Mahasiswi Aktif Ilmu Administrasi Bisnis UPN “Veteran” Yogyakarta Angkatan 2018 - 2021)

elita, Salma Cahya J (2022) ANALISIS TINGKAT LOYALITAS MEREK PADA PRODUK KOSMETIK (Studi Pengguna Kosmetik “Make Over” Pada Mahasiswi Aktif Ilmu Administrasi Bisnis UPN “Veteran” Yogyakarta Angkatan 2018 - 2021). Other thesis, UPN 'Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.PDF] Text
ABSTRAK.PDF

Download (125kB)
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.PDF] Text
DAFTAR_PUSTAKA.PDF

Download (251kB)
[thumbnail of PENGESAHAN.PDF] Text
PENGESAHAN.PDF

Download (325kB)
[thumbnail of SKRIPSI_SALMA_CAHYA_JELITA_.PDF] Text
SKRIPSI_SALMA_CAHYA_JELITA_.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of COVER.PDF] Text
COVER.PDF

Download (270kB)
[thumbnail of DAFTAR_ISI.PDF] Text
DAFTAR_ISI.PDF

Download (457kB)

Abstract

iv
ABSTRAKSI
Jelita, Salma Cahya. 2022. “Analisis Tingkat Loyalitas Merek Pada
Produk Kosmetik (Studi Pengguna Kosmetik “Make Over” Pada Mahasiswi Aktif
Ilmu Administrasi Bisnis UPN “Veteran” Yogyakarta Angkatan 2018 - 2021)”.
Skripsi. Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.
UPN “Veteran” Yogyakarta. Pembimbing I Sauptika Kancana. Pembimbing II
Didik Indarwanta.
Pertumbuhan kosmetik pasar di Indonesia terus meningkat. Sekitar 95
persen industri kosmetika nasional merupakan sektor industri kecil dan
menengah (IKM). Hanya 5 persen merupakan industri dengan skala besar. Dari
banyak nya perusahaan kosmetik di Indonesia pentingnya menjaga konsumen agar
konsumen tetap setia dengan merek kosmetik salah satunya adalah dengan
mengetahui loyalitas merek. Loyalitas merek merupakan sikap positif terhadap
sebuah merek, mempunyai komitmen pada merek tersebut, dan bermaksud
meneruskan pembeliannya di masa mendatang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat loyalitas merek kosmetik
Make Over pada Mahasiswi Aktif Ilmu Administrasi Bisnis UPN “Veteran”
Yogyakarta angkatan 2018 – 2021 dengan mengetahui susunan piramida loyalitas
yang meliputi switcher buyer, habitual buyer, satisfied buyer, liking of the brand,
dan committed buyer. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 62 responden dengan
menggunakan metode purposive sampling. Data dalam penelitian ini merupakan
data primer. Pengolahan data dilakukan dengan analisis deskriptif, uji validitas, uji
reliabilitas, analisis tingkat loyalitas merek, dan brand switching pattern matrix.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa loyalitas merek
tertinggi berada pada tingkat ketiga yaitu satisfied buyer sebesar 81.5%, urutan
kedua tingkat liking of the brand sebesar 71.8%, urutan ketiga tingkat habitual
buyer sebesar 64.9%, urutan keempat committed buyer sebesar 64.1%, dan urutan
terakhir tingkat switcher buyer sebesar 58.5%. Bentuk piramida loyalitas merek
berbentuk piramida terbalik yang artinya sudah kuat. Hasil yang diperoleh pada
brand switching pattern matrix kemungkinan adanya perpindahan merek sebesar
87%.
Kata Kunci: Tingkat Loyalitas Merek, Swticher Buyer, Habitual Buyer,
Satisfied Buyer, Liking of the Brand, Committed Buyer, Brand
Switching Pattern Matrix.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: ingkat Loyalitas Merek, Swticher Buyer, Habitual Buyer, Satisfied Buyer, Liking of the Brand, Committed Buyer, Brand Switching Pattern Matrix.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 16 Sep 2022 02:51
Last Modified: 16 Sep 2022 02:51
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/30935

Actions (login required)

View Item View Item