ANALISIS LOYALITAS PELANGGAN PADA ONLINE TRAVEL AGENT (OTA) MENGGUNAKAN AMERICAN CUSTOMER SATISFACTION INDEX (ACSI) DAN STRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM)

Saputra, Yanu Ramdhani (2022) ANALISIS LOYALITAS PELANGGAN PADA ONLINE TRAVEL AGENT (OTA) MENGGUNAKAN AMERICAN CUSTOMER SATISFACTION INDEX (ACSI) DAN STRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak_TA_124170029_Yanu Ramdhani Saputra.pdf] Text
Abstrak_TA_124170029_Yanu Ramdhani Saputra.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of Cover_TA_124170029_Yanu Ramdhani Saputra.pdf] Text
Cover_TA_124170029_Yanu Ramdhani Saputra.pdf

Download (416kB)
[thumbnail of Daftar_Isi_TA_124170029_Yanu Ramdhani Saputra.pdf] Text
Daftar_Isi_TA_124170029_Yanu Ramdhani Saputra.pdf

Download (118kB)
[thumbnail of Daftar_Pustaka_TA_124170029_Yanu Ramdhani Saputra.pdf] Text
Daftar_Pustaka_TA_124170029_Yanu Ramdhani Saputra.pdf

Download (232kB)
[thumbnail of Pengesahan_Pembimbing_TA_124170029_Yanu Ramdhani Saputra.pdf] Text
Pengesahan_Pembimbing_TA_124170029_Yanu Ramdhani Saputra.pdf

Download (470kB)
[thumbnail of Full_TA_124170029_Yanu Ramdhani Saputra.pdf] Text
Full_TA_124170029_Yanu Ramdhani Saputra.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Indonesia merupakan salah satu pasar online terbesar di dunia dengan lebih dari 191 juta
pengguna internet pada tahun 2020. Hal ini menyebabkan berbagai industri online mulai
berkembang salah satunya adalah Online Travel Agent (OTA). Akan tetapi dengan adanya
pertumbuhan layanan OTA yang semakin pesat menyebabkan persaingan antar OTA
menjadi ketat. Selain itu loyalitas pelanggan yang berubah membuat layanan OTA sulit
untuk bertahan Penelitian ini akan bertujuan untuk melakukan analisis terhadap loyalitas
pelanggan menggunakan model American Customer Satisfaction Index (ACSI). Terdapat 6
variabel yaitu Customer Expectation, Perceived Quality, Perceived Value, Customer
Satsfaction, Customer Complaint, dan Customer Loyalty. Hubungan tiap variabel dalam
model akan menghasilkan 9 hipotesis yang akan diuji dengan metode Structural Equation
Modeling (SEM). SEM sebagai alat analisis dapat menjawab masalah bersifat korelasi.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan online survey kepada pelanggan layanan OTA
dengan kebutuhan 385 data responden. Uji validitas dan reliabilitas data akan dilakukan
untuk menguji keabsahan data untuk dilakukan analisis. Hasil penelitian menunjukan 2
hipotesis ditolak dan 7 hipotesis diterima.
Kata kunci : Loyalitas Pelanggan,SEM,ACSI,Online Travel Agent.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Loyalitas Pelanggan,SEM,ACSI,Online Travel Agent
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: A.Md Sepfriend Ayu Kelana Giri
Date Deposited: 02 Sep 2022 07:31
Last Modified: 02 Sep 2022 07:31
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/30854

Actions (login required)

View Item View Item