Wea, Edmundus Roke (2022) KOMUNIKASI KRISIS DINAS PARIWISATA DIY (Studi Kasus Terkait Manajemen Komunikasi Krisis Dinas Pariwisata DIY Dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru). Masters thesis, UPN 'Veteran" Yogyakarta.
Text
1. Tesis Fulltext_253170007_Edmundus Roke Wea.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
2. Cover_253170007_Edmundus Roke Wea.pdf Download (212kB) |
|
Text
3. Abstrak_253170007_Edmundus Roke Wea.pdf Download (185kB) |
|
Text
4. Lembar Pengesahan_253170007_Edmundus Roke Wea.pdf Download (133kB) |
|
Text
5. Daftar Isi_253170007_Edmundus Roke Wea.pdf Download (191kB) |
|
Text
6. Daftar Pustaka_253170007_Edmundus Roke Wea.pdf Download (475kB) |
|
Text
KOMUNIKASI KRISIS DINAS PARIWISATA DIY[4247].pdf Download (4MB) |
Abstract
KOMUNIKASI KRISIS DINAS PARIWISATA DIY
(Studi Kasus Terkait Manajemen Komunikasi Krisis Dinas Pariwisata DIY
Dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru)
Edmundus Roke Wea
NIM. 253170007
Abstrak
Pandemi Covid-19 menyebabkan krisis di berbagai sektor termasuk sektor
kepariwisataan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kebijakan mengenai
pembatasan-pembatasan dan penutupan tempat-tempat wisata menyebabkan
kunjungan wisatawan ke DIY mengalami penurunan yang sangat signifikan. Upaya
respon situasi krisis patut dilakukan Dinas pariwisata DIY agar aktivitas
kepariwisataan DIY bisa berjalan di tengah situasi pandemi Covid-19. Kebutuhan
akan informasi oleh pelaku wisata juga merupakan hal yang penting mengingat
ketidakpastian informasi saat awal-awal pandemi Covid-19. Tujuan penelitian ini
adalah mengidentifikasi manajemen krisis dan menganalisis komunikasi krisis
Dinas Pariwisata DIY dalam melakukan penyesuaian aktivitas kepariwisataan di
masa pandemi Covid-19, khususnya di saat penerapan kebijakan PSBB. Penelitian
ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Jenis
penelitian adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode
observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
proses manajemen krisis Dinas pariwisata DIY dalam melakukan penyesuaian
aktivitas kepariwisataan DIY di masa pandemi Covid-19 adalah dengan melakukan
inovasi, adaptasi dan kolaborasi lintas sektor. Strategi komunikasi yang dilakukan
merujuk pada rebuilding posture strategies dengan langkah compensation dan
apologya, dan reinforcing/bolstering strategies dengan langkah reminder dan
victimage, serta framing strategies. Upaya Dinas pariwisata DIY dalam
memberikan suatu informasi yang jelas mengenai kepariwisataan DIY di masa
pandemi Covid-19 dilakukan dengan melaksanakan beberapa hal antara lain
memiliki tim pengelola informasi pariwisata, menyampaikan informasi melalui
media massa, menggali kebenaran informasi melalui pengumpulan fakta dan hati�hati dalam menyampaikan informasi, melakukan kegiatan konferensi pers,
keterbukaan informasi, informasi yang mengutamakan keselamatan publik
pariwisata, satu suara dalam menyampaikan informasi, komunikasi empati, hingga
menyediakan banyak saluran komunikasi.
Kata Kunci: Pandemi Covid-19, Manajemen Krisis, Komunikasi Krisis, SCCT,
Prinsip Komunikasi Krisis
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pandemi Covid-19, Manajemen Krisis, Komunikasi Krisis, SCCT, Prinsip Komunikasi Krisis |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 26 Aug 2022 03:58 |
Last Modified: | 26 Aug 2022 03:58 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/30808 |
Actions (login required)
View Item |