SIMBOLON, WENDY (2011) ANALISIS ISI PEMBERITAAN PENDIDIKAN PERGURUAN TINGGI PADA RUBRIK PENDIDIKAN DI SKH KEDAULATAN RAKYAT (Edisi April-Juli 2010). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (61kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan merupakan suatu kebutuhan yang seharusnya diperoleh semua
masyarakat Indonesia. Karena tanpa pendidikan, masyarakat Indonesia akan sulit
berkembang dan berpikir maju. Hal ini seperti tertuang dalam UU No.2 1989
pasal 5 bahwa setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh
pendidikan. oleh sebab itu, segala berita mengenai perkembangan dunia
pendidikan, wajib diketahui oleh masyarakat luas, dalam penelitian ini adalah
dunia pendidikan perguruan tinggi. Disin
ilah media berperan besar dalam hal
memberitakan informasi kepada masyarakat. Pihak perguruan tinggi harus dapat
menjalin kerjasama yang baik dengan media.
Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana isi berita pendidikan
tinggi di SKH Kedaulatan Rakyat. Dengan Populasi penelitian menggunakan
seluruh berita di SKH Kedaulatan Rakyat
pada bulan April- Juli 2010, dan setelah
dikumpulkan, jumlah beritanya sebanyak 299 item. Metode yang digunakan untuk
meneliti adalah analisis isi, sedangkan teorinya adalah tipe liputan, jenis berita,
sifat berita, narasumber, status pergurua
n tinggi, jenjang pendidikan tinggi, tema
berita, tema berita tridarma, lead be
rita, judul berita dan panjang berita.
Berdasarkan hasil penelitian, unit an
alisis dan kategorisasi didapat hasil
sebagai berikut: unit analisis tipe liputan didominasi oleh kategori satu sisi
(62,54%), unit analisis jenis berita didominasi oleh kategori
soft news
(70,57%),
sedangkan unit analisis sifat berita di
dominasi oleh kategori naratif (54,18 %),
pada unit analisis narasumber didominasi oleh pejabat perguruan tinggi (41,82%),
unit analisis status perguruan tinggi dido
minasi oleh kategori swasta (45,15%),
unit analisis jenjang pendidikan tinggi didominasi oleh kategori sarjana (50,5%),
untuk unit analisis tema berita didominasi oleh kategori ceremonial (38,13%), unit
analisis tema berita tridarma didominasi oleh kategori pengabdian kepada
masyarakat (52,87%), untuk unit analisis
lead berita didominasi oleh lead yang
menggunakan 3-4 unsur berita (59,53%), unit analisis judul berita didominasi oleh
kategori Substansial (97,32%) dan unit anal
isis panjang berita didominasi oleh
kategorisasi < 5 alinea (72,24 %).
xiii
ABSTRACT
Analysis Content News of Education in
University at Education Rubric from
Kedaulatan Rakyat Daily
(April – July 2010 Edition)
Education is the one importance ne
eded that should be get by all Indonesian
people. It’s because without an education
enviroment in Indonesia, the people will
be dificult to grow and make a forward-looking. This matter can we found in
Indonesian’s Law :
UU No. 2 Tahun 1989 pasal 5
“that every citizen have equal
right to get an education”. Therefore, al
l news concerning of education, must be
knowed by wide of society, in this obesrvation is concern about education of
college. In this point, media have a big role to share and reporting the information
to society. A good cooperation beside the college side and media must be growth
well.
This source-observation concern is from the
SKH Kedaulatan Rakyat
newspaper about higher education news in
Indonesia. The research used all 299
item news from
SKH Kedaulatan Rakyat
from April until July 2010. The method
used anlysis-content, while it’s theory is
reportage type, news-type, characteristic
of news, guest speaker, university status, higher education ladder, news theme,
news theme of tridarma, news lead, news title and news duration.
Based on observation result, the anlysis unit and category was obtained result
such as : domination of one-side unit anlyse type reportage (62,54%), unit anlyse
type of news which dominate by soft news category (70,57%), from the unit
analyse characteristic news dominate by narrative-category (54,18%), from unit
analyse guest speaker dominate by functionary of university (41,8%), unit anlyse
status university dominate by private university (45,15%), unit analyse higher
education ladder dominate by bachelor degree (50,5%), for unit analyse news
theme dominate by category of ceremonial (38,13%), unit analyse news theme of
tridarma dominate by lifetime achievement for society (52,87%), for unit analyse
news lead dominate by lead which use
3-4 news substance (59,53%), unit analyse
news title dominate by substancial category (97,32%) and unit analyse news
duration dominate by category < 5 paragraph (72,24%)
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Depositing User: | Muji Isambina |
Date Deposited: | 07 Jun 2016 01:38 |
Last Modified: | 07 Jun 2016 01:38 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/3077 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |