ANALISIS ISI PEMBERITAAN PENDIDIKAN PERGURUAN TINGGI PADA RUBRIK PENDIDIKAN DI SKH KEDAULATAN RAKYAT (Edisi April-Juli 2010)

SIMBOLON, WENDY (2011) ANALISIS ISI PEMBERITAAN PENDIDIKAN PERGURUAN TINGGI PADA RUBRIK PENDIDIKAN DI SKH KEDAULATAN RAKYAT (Edisi April-Juli 2010). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (61kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan suatu kebutuhan yang seharusnya diperoleh semua masyarakat Indonesia. Karena tanpa pendidikan, masyarakat Indonesia akan sulit berkembang dan berpikir maju. Hal ini seperti tertuang dalam UU No.2 1989 pasal 5 bahwa setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan. oleh sebab itu, segala berita mengenai perkembangan dunia pendidikan, wajib diketahui oleh masyarakat luas, dalam penelitian ini adalah dunia pendidikan perguruan tinggi. Disin ilah media berperan besar dalam hal memberitakan informasi kepada masyarakat. Pihak perguruan tinggi harus dapat menjalin kerjasama yang baik dengan media. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana isi berita pendidikan tinggi di SKH Kedaulatan Rakyat. Dengan Populasi penelitian menggunakan seluruh berita di SKH Kedaulatan Rakyat pada bulan April- Juli 2010, dan setelah dikumpulkan, jumlah beritanya sebanyak 299 item. Metode yang digunakan untuk meneliti adalah analisis isi, sedangkan teorinya adalah tipe liputan, jenis berita, sifat berita, narasumber, status pergurua n tinggi, jenjang pendidikan tinggi, tema berita, tema berita tridarma, lead be rita, judul berita dan panjang berita. Berdasarkan hasil penelitian, unit an alisis dan kategorisasi didapat hasil sebagai berikut: unit analisis tipe liputan didominasi oleh kategori satu sisi (62,54%), unit analisis jenis berita didominasi oleh kategori soft news (70,57%), sedangkan unit analisis sifat berita di dominasi oleh kategori naratif (54,18 %), pada unit analisis narasumber didominasi oleh pejabat perguruan tinggi (41,82%), unit analisis status perguruan tinggi dido minasi oleh kategori swasta (45,15%), unit analisis jenjang pendidikan tinggi didominasi oleh kategori sarjana (50,5%), untuk unit analisis tema berita didominasi oleh kategori ceremonial (38,13%), unit analisis tema berita tridarma didominasi oleh kategori pengabdian kepada masyarakat (52,87%), untuk unit analisis lead berita didominasi oleh lead yang menggunakan 3-4 unsur berita (59,53%), unit analisis judul berita didominasi oleh kategori Substansial (97,32%) dan unit anal isis panjang berita didominasi oleh kategorisasi < 5 alinea (72,24 %). xiii ABSTRACT Analysis Content News of Education in University at Education Rubric from Kedaulatan Rakyat Daily (April – July 2010 Edition) Education is the one importance ne eded that should be get by all Indonesian people. It’s because without an education enviroment in Indonesia, the people will be dificult to grow and make a forward-looking. This matter can we found in Indonesian’s Law : UU No. 2 Tahun 1989 pasal 5 “that every citizen have equal right to get an education”. Therefore, al l news concerning of education, must be knowed by wide of society, in this obesrvation is concern about education of college. In this point, media have a big role to share and reporting the information to society. A good cooperation beside the college side and media must be growth well. This source-observation concern is from the SKH Kedaulatan Rakyat newspaper about higher education news in Indonesia. The research used all 299 item news from SKH Kedaulatan Rakyat from April until July 2010. The method used anlysis-content, while it’s theory is reportage type, news-type, characteristic of news, guest speaker, university status, higher education ladder, news theme, news theme of tridarma, news lead, news title and news duration. Based on observation result, the anlysis unit and category was obtained result such as : domination of one-side unit anlyse type reportage (62,54%), unit anlyse type of news which dominate by soft news category (70,57%), from the unit analyse characteristic news dominate by narrative-category (54,18%), from unit analyse guest speaker dominate by functionary of university (41,8%), unit anlyse status university dominate by private university (45,15%), unit analyse higher education ladder dominate by bachelor degree (50,5%), for unit analyse news theme dominate by category of ceremonial (38,13%), unit analyse news theme of tridarma dominate by lifetime achievement for society (52,87%), for unit analyse news lead dominate by lead which use 3-4 news substance (59,53%), unit analyse news title dominate by substancial category (97,32%) and unit analyse news duration dominate by category < 5 paragraph (72,24%)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 07 Jun 2016 01:38
Last Modified: 07 Jun 2016 01:38
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/3077

Actions (login required)

View Item View Item