PERUMUSAN STRATEGI BISNIS WARUNG PREKSU DALAM MENGHADAPI DAMPAK PEREKONOMIAN AKIBAT PANDEMI COVID-19 MENGGUNAKAN METODE ANALISIS SWOT

Majid, Muhammad Yuscha Lentera (2021) PERUMUSAN STRATEGI BISNIS WARUNG PREKSU DALAM MENGHADAPI DAMPAK PEREKONOMIAN AKIBAT PANDEMI COVID-19 MENGGUNAKAN METODE ANALISIS SWOT. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of COVER (9).pdf] Text
COVER (9).pdf

Download (174kB)
[thumbnail of ABSTRAKSI.pdf] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI (8).pdf] Text
DAFTAR ISI (8).pdf

Download (166kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA (6).pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA (6).pdf

Download (9kB)
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN (1).pdf] Text
HALAMAN PENGESAHAN (1).pdf

Download (214kB)
[thumbnail of Skripsi FullText_152170120_Muhammad Yuscha Lentera Majid.pdf] Text
Skripsi FullText_152170120_Muhammad Yuscha Lentera Majid.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan memberi usulan rumusan strategi bersaing yang
tepat untuk Warung Preksu guna dapat meningkatkan penjualan dan memenangkan
pasar di tengah pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif
kuantitatif dengan unit analisis penelitian adalah Warung Preksu. Sumber data dalam
penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada
karyawan Warung Preksu yang berjumlah 62 responden serta wawancara dengan
beberapa narasumber. Sebelumnya, data diuji instrumen terlebih dahulu dan setelah
dinyatalan valid dan reliabel, maka data tersebut dianalisis mengunakan matrika SWOT
dan QSPM.
Hasil analisis matriks SWOT menyatakan bahwa Warung Preksu berada pada
kuadran 1 atau dalam posisi mendukung strategi agresif, yaitu dengan memaksimalkan
kekuatan dan memanfaatkan peluang yang ada. Pada posisi ini strategi yang cocok
adalah strategi S-O (Strengths-Opportunities). Berdasarkan hasil analisis QSPM,
strategi yang paling tepat digunakan oleh Warung Preksu adalah dengan memperbaiki
kualitas produk dan layanan penjualan untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas
pelanggan. Strategi ini dirasa tepat untuk diterapkan karena mengingat pesaing baru
yang masuk merupakan ancaman bagi perusahaan serta situasi pandemi COVID-19
yang tidak menentu mengharuskan UMKM selalu inovatif dan menjaga kuliatas
produk dalam menjalankan bisnisnya. Saran dari peneliti adalah membuat
kemasan/packaging yang menarik, membuka rekrutmen karyawan baru, membuat tim
khusus untuk menjaga kualitas bahan baku, mendaftarkan Warung Preksu ke aplikasi
Shopee Food, dan menjadikan seluruh karyawan sebagai marketer Warung Preksu.
Kata Kunci: Manajemen Strategi, Perumusan Strategi, Matriks SWOT

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategi, Perumusan Strategi, Matriks SWOT
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 13 Jul 2022 07:00
Last Modified: 13 Jul 2022 07:00
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/30366

Actions (login required)

View Item View Item