ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN ERICK THOHIR DAN LUHUT BINSAR PANJAITAN TERKAIT DUGAAN BISNIS TES PCR DI REPUBLIKA.CO.ID DAN KOMPAS.COM

Shafira, Jeihan (2022) ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN ERICK THOHIR DAN LUHUT BINSAR PANJAITAN TERKAIT DUGAAN BISNIS TES PCR DI REPUBLIKA.CO.ID DAN KOMPAS.COM. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1. Skripsi Fulltext_153170039_Jeihan Shafira.pdf] Text
1. Skripsi Fulltext_153170039_Jeihan Shafira.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 2. Cover_153170039_Jeihan Shafira.pdf] Text
2. Cover_153170039_Jeihan Shafira.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of 3. Abstrak_153170039_Jeihan Shafira.pdf] Text
3. Abstrak_153170039_Jeihan Shafira.pdf

Download (65kB)
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan_153170039_Jeihan Shafira.pdf] Text
4. Lembar Pengesahan_153170039_Jeihan Shafira.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi_153170039_Jeihan Shafira.pdf] Text
5. Daftar Isi_153170039_Jeihan Shafira.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_153170039_Jeihan Shafira.pdf] Text
6. Daftar Pustaka_153170039_Jeihan Shafira.pdf

Download (68kB)

Abstract

Menjelang Nataru, pemerintah membuat berbagai kebijakan demi mengantisipasi
lonjakan kasus positif Covid-19 di Indonesia. Salah satunya adalah dengan
menerapkan tes PCR sebagai syarat berpergian. Kebijakan tersebut akhirnya
menyulut polemik di kalangan publik. Beredar dugaan yang menyebutkan adanya
keterlibatan pejabat negara dalam bisnis tes PCR. Penelitian ini ditujukkan untuk
melihat bagaimana portal berita online Republika.co.id dan Kompas.com
membingkai berita mengenai pemberitaan dugaan keterlibatan Luhut Binsar
Panjaitan dan Erick Thohir dalam bisnis tes PCR. Metodologi penelitian yang
digunakan adalah analisis framing model Zhondang Pan dan M. Kosicki yang
terdiri dari empat struktur analisis yaitu sintaksis, skrip, tematik, dan retoris. Objek
yang diteliti adalah empat berita Republika.co.id dan lima berita Kompas.com.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Republika.co.id memiliki kepentingan
pragmatis dalam memberitakan isu dugaan bisnis tes PCR, sedangkan Kompas
berdiri untuk kepentingan umum. Sehingga realitas sosial yang dibangun
Republika.co.id dan Kompas.com berbeda. Republika.co.id membangun bingkai
isu tes PCR sengaja diembuskan elite dalam rangka kepentingan politik
menjatuhkan Erick dari BUMN. Sedangkan bingkai yang dibentuk Kompas.com
adalah Luhut sebagai pejabat negara yang saat ini sedang mengemban berbagai
jabatan penting, menjalankan binsis di bidang kesehatan sehingga menimbulkan
kesan kolusi dan nepotisme.
Kata Kunci: Bisnis Tes PCR, Analisis Framing, Republika.co.id, Kompas.com

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Bisnis Tes PCR, Analisis Framing, Republika.co.id, Kompas.com
Subjects: J Political Science > JC Political theory
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 05 Jul 2022 07:51
Last Modified: 05 Jul 2022 07:51
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/30288

Actions (login required)

View Item View Item