ANALISIS RESEPSI CITRA PUAN MAHARANI MELALUI SRATEGI PEMASARAN POLITIK DI MEDIA LUAR RUANG (Studi Pada Generasi Milenial di Yogyakarta)

Averina, Laura Sandra (2022) ANALISIS RESEPSI CITRA PUAN MAHARANI MELALUI SRATEGI PEMASARAN POLITIK DI MEDIA LUAR RUANG (Studi Pada Generasi Milenial di Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1. 153180085 - Laura Sandra Averina - SKRIPSI - Analisis Resepsi Citra Puan Maharani Melalui Stra.pdf] Text
1. 153180085 - Laura Sandra Averina - SKRIPSI - Analisis Resepsi Citra Puan Maharani Melalui Stra.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (344kB)
[thumbnail of 3. COVER.pdf] Text
3. COVER.pdf

Download (246kB)
[thumbnail of 4. HALAMAN PENGESAHAN.pdf] Text
4. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (424kB)
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI.pdf] Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (456kB)
[thumbnail of 6. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (312kB)

Abstract

Menjelang akhir tahun 2021, sejumlah nama tokoh politik melakukan strategi
pemasaran politik di media luar ruang untuk membentuk kepercayaan dan citra di
mata publik. Di antara sejumlah nama tokoh politik, baliho Ketua DPR RI Puan
Maharani dengan slogan “Kepak Sayap Kebhinekaan” menjadi topik yang paling
banyak diperbincangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif
melalui analisis resepsi dan teori encoding-decoding Stuart Hall. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pemaknaan generasi milenial terhadap citra Puan
Maharani melalui strategi pemasaran politik di media luar ruang. Penelitian ini
juga bertujuan untuk menemukan faktor-faktor yang memengaruhi proses
pemaknaan serta posisi pemaknaan generasi milenial. Data dikumpulkan melalui
proses wawancara, observasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan
satu informan pada posisi dominan, dua informan pada posisi negosiasi, dan tiga
informan pada oposisi. Mayoritas generasi milenial yang berada posisi oposisi
menunjukkan bahwa citra merupakan hasil kognitif yang dibentuk dalam jangka
panjang sehingga tidak dapat dibentuk melalui satu strategi pemasaran politik saja.
Meskipun begitu, strategi pemasaran politik Puan Maharani di media luar ruang
dinilai mampu meningkatkan citra Puan Maharani sebagai ketua DPR RI pada
generasi milenial. Dalam penelitian ini juga ditemukan faktor-faktor yang
Berimplikasi pada pemaknaan generasi milenial di antaranya adalah faktor latar
belakang sosial dan budaya serta pengetahuan generasi milenial.
Kata kunci: pemasaran politik, generasi milenial, citra, media luar ruang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: pemasaran politik, generasi milenial, citra, media luar ruang.
Subjects: J Political Science > JC Political theory
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 05 Jul 2022 06:30
Last Modified: 05 Jul 2022 06:30
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/30275

Actions (login required)

View Item View Item