Averina, Laura Sandra (2022) ANALISIS RESEPSI CITRA PUAN MAHARANI MELALUI SRATEGI PEMASARAN POLITIK DI MEDIA LUAR RUANG (Studi Pada Generasi Milenial di Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
| ![[thumbnail of 1. 153180085 - Laura Sandra Averina - SKRIPSI - Analisis Resepsi Citra Puan Maharani Melalui Stra.pdf]](http://eprints.upnyk.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text 1. 153180085 - Laura Sandra Averina - SKRIPSI - Analisis Resepsi Citra Puan Maharani Melalui Stra.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | 
| ![[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf]](http://eprints.upnyk.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text 2. ABSTRAK.pdf Download (344kB) | 
| ![[thumbnail of 3. COVER.pdf]](http://eprints.upnyk.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text 3. COVER.pdf Download (246kB) | 
| ![[thumbnail of 4. HALAMAN PENGESAHAN.pdf]](http://eprints.upnyk.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text 4. HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (424kB) | 
| ![[thumbnail of 5. DAFTAR ISI.pdf]](http://eprints.upnyk.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text 5. DAFTAR ISI.pdf Download (456kB) | 
| ![[thumbnail of 6. DAFTAR PUSTAKA.pdf]](http://eprints.upnyk.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text 6. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (312kB) | 
Abstract
Menjelang akhir tahun 2021, sejumlah nama tokoh politik melakukan strategi 
pemasaran politik di media luar ruang untuk membentuk kepercayaan dan citra di 
mata publik. Di antara sejumlah nama tokoh politik, baliho Ketua DPR RI Puan 
Maharani dengan slogan “Kepak Sayap Kebhinekaan” menjadi topik yang paling 
banyak diperbincangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif 
melalui analisis resepsi dan teori encoding-decoding Stuart Hall. Penelitian ini 
bertujuan untuk mengetahui pemaknaan generasi milenial terhadap citra Puan 
Maharani melalui strategi pemasaran politik di media luar ruang. Penelitian ini 
juga bertujuan untuk menemukan faktor-faktor yang memengaruhi proses 
pemaknaan serta posisi pemaknaan generasi milenial. Data dikumpulkan melalui 
proses wawancara, observasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan 
satu informan pada posisi dominan, dua informan pada posisi negosiasi, dan tiga
informan pada oposisi. Mayoritas generasi milenial yang berada posisi oposisi 
menunjukkan bahwa citra merupakan hasil kognitif yang dibentuk dalam jangka 
panjang sehingga tidak dapat dibentuk melalui satu strategi pemasaran politik saja. 
Meskipun begitu, strategi pemasaran politik Puan Maharani di media luar ruang 
dinilai mampu meningkatkan citra Puan Maharani sebagai ketua DPR RI pada 
generasi milenial. Dalam penelitian ini juga ditemukan faktor-faktor yang 
Berimplikasi pada pemaknaan generasi milenial di antaranya adalah faktor latar 
belakang sosial dan budaya serta pengetahuan generasi milenial. 
Kata kunci: pemasaran politik, generasi milenial, citra, media luar ruang.
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | pemasaran politik, generasi milenial, citra, media luar ruang. | 
| Subjek: | J Political Science > JC Political theory | 
| Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences | 
| Depositing User: | Eko Yuli | 
| Date Deposited: | 05 Jul 2022 06:30 | 
| Last Modified: | 05 Jul 2022 06:30 | 
| URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/30275 | 
Actions (login required)
|  | View Item |